Kandungan Gizi
Heri | 24 Agustus 2021
Brokoli: Anti Kanker Sampai Kesehatan Janin

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Brokoli mengandung berbagai fitonutrien sebagai zat anti kanker, juga vitamin C, vitamin A, vitamin E dan mineral kalium serta selenium. Kandungan anti-oksidan ini membantu metabolisme dan mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker.

Credit: Unsplash/Drew Hays

Detoksifikasi tubuh

Jenis anti-oksidan berupa sulforaphane bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif, serta perkembangan penyakit kronis.

Credit: Unsplash/Vika Aleksandrova

Kesehatan kulit

Vitamin C, vitamin A, dan vitamin E dalam brokoli dapat mencerahkan sekaligus membantu mengganti jaringan kulit yang rusak, juga kandungan fitonutriennya berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Credit: Unsplash/Audrey Fretz

Kesehatan Pencernaan

Kandungan seratnya membantu menjaga kesehatan usus serta melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Magnesium dan vitaminnya juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

Kesehatan mata

Kandungan beta karoten dalam brokoli bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan meningkatkan penglihatan, juga melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

Credit: Unsplash/Pexels Toni Ferreira

Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, mineral, dan fitonutrien dari brokoli bermanfaat untuk membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai infeksi.

Credit: Unsplash/Speckfechta

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Brokoli bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang serta mencegah Anda mengalami osteoporosis karena kandungan kalsium, vitamin K, vitamin A, dan fosfor.

Credit: Unsplash/Amr Taha

Menjaga kesehatan kandungan

Brokoli mengandung asam folat yang mencegah terjadinya cacat pada bayi baru lahir.

Credit: Unsplash/Junior Reis

Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kandungan kalium dalam brokoli bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Credit: Unsplash/Robina Weermeijer

Mencegah anemia

Brokoli mempunyai kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium, serta kalium yang penting untuk memproduksi hemoglobin dalam tubuh.

Credit: Unsplash/Zoe

Daftar Buah Dengan Kandungan Gula Tinggi