Pilar Pertanian

Berita Pertanian Aktual

17 April 2019

BBPP Kupang Membangun SDM Pertanian Dari Wilayah Timur

BBPP Kupang Membangun SDM Pertanian Dari Wilayah Timur

Pilarpertanian - Pilar Pertanian – Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang sebagai salah satu balai pelatihan yang dimiliki oleh Kementerian Pertanian di wilayah timur Indonesia mempunyai peran penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) pertanian yang berdaya saing dan handal.
Baca Selengkapnya di Pilarpertanian.com
Termasuk juga SDM di daerah atau wilayah perbatasan. Hal ini yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya dalam kunjungan kerjanya ke BBPP Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Baca Selengkapnya di Pilarpertanian.com
Dalam kunjungan kerjanya, Bustanul melakukan tinjauan fasilitasi sarana dan prasarana pelatihan yang dimliki BBPP Kupang dan sekaligus berdiskusi dengan pejabat struktural, widyaiswara dan fungsional umum lainnya. Lebih lanjut Bustanul mengatakan bahwa BBPP Kupang punya potensi untuk membangun SDM dari wilayah timur.
Baca Selengkapnya di Pilarpertanian.com
Dengan luas lahan 12 hektar dan fasilitas yang ada serta ternak yang dimiliki, BBPP Kupang menjadi balai pelatihan dibidang peternakan yang mumpuni diwilayah timur Indonesia.
Baca Selengkapnya di Pilarpertanian.com
“Dalam diskusinya Bustanul mengatakan bahwa posisi Badan SDM sangat strategis, mengingat di Kementerian Pertanian pada tahun 2019 keberpihakan program Kementerian Pertanian kepada pembangunan SDM pertanian sangat besar, khususnya pada 3 pilar penting, yaitu pilar penyuluhan, pendidikan dan pelatihan. Ini momen yang harus kita respon dengan cepat dan tepat, dan kedepan SDM pertanian harus bisa mendukung kebutuhan dunia usaha dan dunia industri,” ujar Bustanul.
Baca Selengkapnya di Pilarpertanian.com
“Khusus untuk pelatihan, bahwa kebijakan Pemerintah mulai tahun 2019 harus dilakukan secara masif pelatihan-pelatihan yang bersifat vokasi, dimana pelatihan yang dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan pekerja dibidang pertanian namun juga bagaimana pelatihan-pelatihan yang kita lakukan mampu mensupply tenaga kerja atau pencari kerja untuk diterima oleh dunia usaha dan dunia industri,” kata Bustanul.
Baca Selengkapnya di Pilarpertanian.com
“Balai-balai pelatihan kita harus segera merespon ini dan mendorong segera dilakukannya pelatihan vokasi yang langsung dibarengi sertifikasi profesi bagi pekerja maupun pencari pekerja disektor pertanian,” ujar Bustanul.
Baca Selengkapnya di Pilarpertanian.com
Dalam akhir kunjungan kerjanya, Bustanul mengajak seluruh elemen aparatur yang ada di BBPP Kupang untuk mengambil peran dalam mendukung kebijakan pemerintah tersebut, ini adalah fondasi kita untuk membangun SDM pertanian yang profesional, handal dan berdaya saing menuju Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045.(DYN)

Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *