BPPSDMP Siap Latih Petani Milenial di Daerah Program Serasi

Pilar Pertanian Sabtu, 12/01/2019 12:04 WIB
BPPSDMP Siap Latih Petani Milenial di Daerah Program Serasi Foto : Musyawarah Dengan Para Petani
Pilar Pertanian - Dalam upaya mendukung Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI), Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian melalui Pusat Pelatihan Pertanian siap memberikan pelatihan yang dibutuhkan kepada petani, khususnya petani milenial di lokasi Pilot Project SERASI di Desa Tadau Lanjung dan Keliling Benteng Ilir, Kab. Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya di Posko SERASI BPPSDMP pada saat kunjungan kerjanya ke Kalimantan Selatan pada hari Jumat (11/01/2019).

Dalam diskusi yang dihadiri penyuluh pertanian dan petani tersebut, Bustanul mengatakan Program Serasi ini adalah salah satu program Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk menyelamatkan rawa dan mensejahterakan petani. Kegiatan ini harus dilakukan bersama-sama, berkoordinasi baik di tingkat pusat maupun dengan daerah, program ini adalah program strategis nasional , jadi perlu dilaksanakan dengan saling koordinasi.

Target-target yang ditelah ditetapkan agar betul2 dikawal dan perlu dukungan infrastrtuktur yang memadai. Termasuk juga kita akan memberdayakan petani untuk mengungkit program ini, ujar Bustanul. Pekerjaan ini memberikan tantangan yang besar bagi kita, dan ini tidak ada pilihan lain, mengingat ketersediaan lahan pertanian kita dari tahun ke tahun, makin turun. Kita berusaha membangunkan raksasa tidur,” lanjut Bustanul.

Seperti diketahui, bahwa mengelola lahan rawa ini perlu pengaturan tata kelola air yang baik, seperti kita lihat di lokasi, saat ini teman teman dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan sedang berjibaku untuk mengolah dan mengawal lahan tersebut untuk bisa ditanami sampai dengan panen, ujar Bustanul.

Tugas kita menyiapkan SDM, mulai dari mengidentifikasi calon peserta latih sampai dengan pembekalan atau pelatihan sesuai kebutuhan untuk mendukung Program Serasi tersebut.

Optimalkan poktan dan gapoktan serta UPJA yang ada, identifikasi juga kebutuhan alat mesin pertanian(alsintan), dan cek kebutuhan operator alsintan., “ tambah Bustanul.

Pada akhir diskusinya Bustanul menyampaikan bahwa BPPSDMP melalui Pusat Pelatihan Pertanian akan memberikan pelatihan mulai dari pelatihan Alsintan, pengelolaan Kelompok, budidaya sampai dengan pemasaran hasil.

Bustanul juga berpesan agar penyuluh tetap menjaga semangat dan energinya, dampingi petani petani kita dan berikan solusi ketika petani menghadapi kesulitan.

Jadilah Penyuluh Milenial untuk Petani Milenial, ujar Bustanul mengakhir diskusinya. (bs)

Redaksi: redaksi[at]pilarpertanian.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]pilarpertanian.com
Baca Juga
Newsfeed
  • {{ idnTime(feeds.publishdate) }}
MOST POPULAR