Ganjar Pranowo dan Para Kepala Daerah Optimis Ekonomi Nasional Pulih Melalui Ekspor Pertanian
Foto : Kegiatan Merdeka Ekspor Kementerian Pertanian Diikuti oleh Beberapa Kepala Daerah Secara Daring.

Ganjar Pranowo dan Para Kepala Daerah Optimis Ekonomi Nasional Pulih Melalui Ekspor Pertanian

Pilarpertanian - Sejumlah Kepala Daerah yang mengikuti kegiatan Merdeka Ekspor Kementerian Pertanian secara daring mengapresiasi pertumbuhan sektor pertanian Indonesia di tengah masa sulit pandemi covid-19. Apalagi kegiatan tersebut digelar serentak nasional melalui 17 pintu ekspor dari 52 pintu utama di Indonesia.


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kegiatan merdeka ekspor sejatinya telah menandai semangat dan optimisme yang kuat terhadap kebangkitan ekonomi nasional yang secara perlahan, selalu ada kepastian.


“Hari ini ada yang sangat membanggakan buat kita semua, dimana masyarakat bisa melihat adanya pertumbuhan ekonomi yang ditunjukkan oleh aktivitas merdeka ekspor,” ujar Ganjar, Sabtu, 14 Agustus 2021.


Ganjar mengaku optimis dengan kekuatan sektor pertanian Indonesia yang semakin tumbuh dan tangguh. Lebih dari itu, sektor pertanian bisa membawa Indonesia semakin juara, terutama dalam memulihkan ekonomi akibat pandemi. Karena itu, kata Ganjar, Jawa Tengah sebagai provinsi sentra pertanian siap mendukung berbagai program di Kementerian Pertanian.



“Kita tahu ekonomi sedang jatuh atau sedang terpuruk. Namun pertanian bisa juara dan tumbuh. Inilah yang kita perlukan hari ini. Jawa Tengah siap mendapatkan bimbingan Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo). Bahkan kita siap mengajukan Pelabuhan Semarang sebagai pelabuhan hortikultura,” katanya.


Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru menyampaikan selamat atas suksesnya acara merdeka ekspor yang mampu menghasilkan devisa negara hingga 7,2 triliun. Maka itu, Herman berharap kegiatan tersebut terus bergulir pada setiap tahunnya.


“Kami disini mengucapkan selamat dan terima kasih pada bapak menteri yang telah menarik perhatian petani dan para kepala daerah untuk memacu ekspor melalui peningkatan produktivitas. Ke depan, saya berharap kegiatan ini terus digelar supaya ada semangat yang tumbuh dari para petani kita,” katanya.


Di Sumsel, Herman mengatakan saat ini ada komoditas porang yang akan terus dikembangkan secara masif. Komoditas tersebut memiliki potensi besar dalam membuka pasar ekspor ke sejumlah negara baik di Asia maupun di Eropa.


“Budi daya porang ini sangat potensial dan sangat menjanjikan. Oleh karena itu, saya mendorong lahirnya industri hilirnya yang saat ini belum ada. Kami juga terus mendorong percepatan berbagai komoditas yang ada,” katanya.


Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi jalannya berbagai program ekspor nasional yang selama ini tumbuh dan tangguh. Apalagi, pertanian terbukti mampu membuka lapangan kerja secara luas.


“Tentu ini adalah sebuah terobosan dan kebanggaan bagi kita semua bahwa pertanian luar biasa meningkat. Kita lihat ekspor dari tahun ke tahun juga termasuk yang membanggakan. Yang pasti pertanian harus jadi benteng dan penjaga kedaulatan negara,” katanya.


Presiden RI, Joko Widodo sebelumnya meminta para Kepala Daerah untik menggali semua potensi komoditas unggul untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor. Karena itu, Presiden meminta untuk memperkuat akses permodalan serta daya dukung inovasi, teknologi dan pendampingan.


“Saya minta kepada para gubernur, bupati dan walikota untuk menggali potensi ekspor di daerahnya masing-masing. Segera garap komoditas-komoditas pertanian yang potensial untuk dikembangkan, perkuat petani dengan akses permodalan, inovasi teknologi dan pendampingan,” tutupnya.


Merdeka Ekspor diresmikan peluncurannya melalui daring oleh Presiden Joko Widodo didampingi para menteri kabinet. Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, beserta Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, perwakilan BUMN, dan para pengusaha eksportir hadir langsung di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.(PW)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Kementan Dukung Pembangunan Agro Eduwisata Terbesar di Asia Tenggara

Kementan Dukung Pembangunan Agro Eduwisata Terbesar di Asia Tenggara

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung pembangunan Lido World Garden yang direncanakan akan menjadi agro eduwisata terbesar di Asia Tenggara. Dukungan Kementan diwujudkan dalam bentuk mengisi Lido World Garden dengan hasil riset dan inovasi pengembangan pertanian yang telah dilakukan oleh peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). “Kita akan perlihatkan di Lido World Garden ini, […]

Kementan Kawal Gerakan PHT di Jawa Barat

Kementan Kawal Gerakan PHT di Jawa Barat

Pilarpertanian – Pengendalian Hama Terpadu (PHT) merupakan suatu cara berpikir dan sebuah pergerakan dalam pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dengan pendekatan ekologi. Dalam prinsip PHT selalu mengedepankan pengendalian yang bersifat ramah lingkungan dan menjadikan penggunaan pestisida kimiawi sebagai pilihan terakhir. Dalam rangka untuk memasyarakatkan gerakan PHT, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan yang sudah […]

Kinerja Sektor Pertanian Membanggakan, Wapres Beri Penghargaan Daerah Peningkatan Produksi Beras dan Ekspor Tertinggi

Kinerja Sektor Pertanian Membanggakan, Wapres Beri Penghargaan Daerah Peningkatan Produksi Beras dan Ekspor Tertinggi

Pilarpertanian – Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, mengapresiasi capaian dan kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi sehingga menjadi yang capaiannya membanggakan di masa pandemi covid-19. Lebih dari itu, pertanian juga dinilai mampu menjadi tulang punggung ekonomi nasional serta memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan petani. “Karena itu kita […]

Akademisi IPB Beber Produksi Beras 2018 Hingga 2021 Naik, Kinerja Pertanian Memuaskan

Akademisi IPB Beber Produksi Beras 2018 Hingga 2021 Naik, Kinerja Pertanian Memuaskan

Pilarpertanian – Upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi beras melalui berbagai program terobosan tercatat memberikan hasil yang memuaskan. Mengacu data BPS, terjadi surplus beras dari tahun ke tahun, yakni produksi di 2018 menghasilkan surplus beras 4,37 juta ton, 2019 surplus 2,38 juta ton dan 2020 surplus 1,97 juta ton. Bahkan BPS pun memprediksi, pada musim tanam […]

Mentan Syahrul Tinjau Langsung Panen Cempe di Kaltara

Mentan Syahrul Tinjau Langsung Panen Cempe di Kaltara

Pilarpertanian – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau kegiatan panen Cempe Kambing Boer usia 4 bulan di Bulungan Mandiri Farm, Kalimantan Utara. Di sana Mentan memantau langsung proses peranakan sampai dengan proses penjualan. Menurut Mentan, Kalimantan Utara sebagai tempat kambing cempe tersebut diproduksi memiliki potensi dan peluang yang cukup besar, terutama dalam memenuhi pasar […]

Kedelai Lokal Bantul Mampu Naik Kelas Penuhi Industri Besar

Kedelai Lokal Bantul Mampu Naik Kelas Penuhi Industri Besar

Pilarpertanian – Produksi kedelai lokal Non GMO dari Kabupaten Bantul sudah mampu dipasarkan ke industri. Diantaranya ke industri Nestle dan Indofood sebesar 300 ton. “Selama periode 2020- 2021 pasokan kedelai lokal ini dilakukan melalui Sistem Resi Gudang (SRG) CV. Java Agro Prima, demikian disampaikan oleh Atris dari CV Agro Prima. Dengan bekerja sama multi stake […]

Gula dari Singkong Rendah Kalori, Alternatif Pengganti Gula Pasir

Gula dari Singkong Rendah Kalori, Alternatif Pengganti Gula Pasir

Pilarpertanian – Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini sangat kaya akan karbohidrat. Tak heran bila kemudian di beberapa daerah ada yang menjadikannya sebagai bahan pengganti nasi. Hal ini karena singkong memberikan efek cepat kenyang pada perut. Sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, singkong kerap dijadikan […]

Wujudkan Swasembada, Mentan SYL Pastikan Stok dan Tingkatkan Kapasitas Produksi Pupuk

Wujudkan Swasembada, Mentan SYL Pastikan Stok dan Tingkatkan Kapasitas Produksi Pupuk

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan kunjungan ke PT. Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) guna memastikan stok dan meningkatkan kapasitas serta kualitas pupuk untuk peningkatan produktivitas komoditas pertanian, Jumat (10/9/2021). Sebagaimana diketahui, pupuk memiliki peran strategis sehingga menjadi penentu keberhasilan produksi yang ujung untuk mencapai swasembada pangan dan peningkatan kesejahteraan petani. “Tidak […]

Barcode/QR Code Pada Kemasan, Cegah Pemalsuan Benih

Barcode/QR Code Pada Kemasan, Cegah Pemalsuan Benih

Pilarpertanian – Benih merupakan pangkal usaha tani, sehingga harus unggul dan bersertifikat agar mampu bersaing memenuhi tuntutan pasar global yang semakin berkembang. Kontribusi benih varietas unggul bersertifikat cukup signifikan dalam peningkatan produksi dan produktivitas tanaman, selain itu juga dapat meningkatkan mutu produk serta sebagai sarana dalam pengendalian OPT. Maraknya pemalsuan label terhadap produk benih tanaman […]