Kementan Dukung Pembangunan Agro Eduwisata Terbesar di Asia Tenggara
Foto : Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo Saat Menghadiri Peresmian Pembangunan Lido World Garden di Bogor, Jawa Barat.

Kementan Dukung Pembangunan Agro Eduwisata Terbesar di Asia Tenggara

Pilarpertanian - Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung pembangunan Lido World Garden yang direncanakan akan menjadi agro eduwisata terbesar di Asia Tenggara. Dukungan Kementan diwujudkan dalam bentuk mengisi Lido World Garden dengan hasil riset dan inovasi pengembangan pertanian yang telah dilakukan oleh peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).


“Kita akan perlihatkan di Lido World Garden ini, hasil riset Balitbangtan kami bersinergi dengan litbang-litbang lainnya, bisa menjadi edukasi bagi masyarakat serta mewujudkan kerja sama yang holistik,” ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, saat menghadiri Peresmian Pembangunan Lido World Garden, Bogor, pada Selasa, 8 September 2021.


Lido World Garden rencananya akan didirikan di atas lahan seluas 17 hektare dan merupakan bagian dari MNC Lido City. Melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 69 Tahun 2021, Presiden Joko Widodo telah menetapkan MNC Lido City sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).


“Sesuai arahan Presiden, mereka yang terlibat dalam upaya mengakselerasi perekonomian, maka harus disupport secara maksimal. Bersama Kemenko Perekonomian, kami akan berupaya memberikan dukungan dan fasilitasi sesuai peraturan yang berlaku,” sebut Syahrul.



Kerja sama antara Kementan dan MNC Land sebagai pengelola Lido World Garden diejawantahkan dalam bentuk Mutual of Understanding (MoU). Selain pemanfaatan hasil inovasi teknologi pertanian dan dukungan pelaksanaan wisata yang terintegrasi, Kementan juga akan memberikan dukungan pelaksanaan pengadaan tanaman endemik untuk riset, serta kerja sama program pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian.


“Kita harapkan dengan Lido World Garden ini, publik bisa mengakses inovasi teknologi pertanian kita. Tentunya semua ini bisa berjalan dengan baik bila kita bisa gerakkan secara maksimal,” ungkap Syahrul.


Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengapresiasi partisipasi Kementan dalam Lido World Garden. Apalagi ke depannya peran digital akan semakin penting di dalam pertanian.


“Ke depannya kita akan menyongsong era digital agriculture. Lido World Garden bisa menjadi etalase teknologi digital pertanian,” ujarnya.


Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menggencarkan digitalisasi pertanian disebut akan meningkatkan minat anak muda dalam bertani.


“Masa depan kita nantinya akan banyak anak muda yang tinggal di desa, tapi memiliki rejeki kota karena mereka memanfaatkan teknologi dalam menjalankan usaha pertanian,” ujar Ridwan.


Sementara itu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengharapkan kerja sama antara Kementan dan MNC Land dapat menjadi atraksi yang menarik bagi turis domestik maupun mancanegara.


“Selain dapat menambah keindahan Lido World Garden, kami harapkan dengan menampilkan hasil riset dan inovasi yang telah dilakukan Kementan juga dapat memperlihatkan kemajuan teknologi Indonesia di bidang pengembangan pertanian,” ujar Hary.


Dirinya menambahkan, bila dikelola lebih maksimal lagi, kegiatan riset dan inovasi pengembangan pertanian yang dilakukan para peneliti Kementan dapat sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga menjadi promosi Indonesia di dunia Internasional.


Hary menargetkan, pembangunan dapat selesai pada tahun 2022. jika telah beroperasi secara penuh, KEK MNC Lido dapat menyerap 6-7 juta pengunjung dalam 5 tahun kedepan.(ND)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Produktivitas Panen Perdana Kentang Food Estate Hortikultura Wonosobo Lampaui Target

Produktivitas Panen Perdana Kentang Food Estate Hortikultura Wonosobo Lampaui Target

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian terus mewujudkan strategi pengembangan Kawasan Sayuran dan Tanaman Obat yang maju, mandiri dan modern, antara lain dalam bentuk Pengembangan Kawasan Hortikultura Agroindustri atau lebih dikenal dengan Food Estate (FE). Melalui Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementan mengembangkan FE Hortikultura di Pulau Jawa, salah satunya di Wonosobo. Komoditas hortikultura yang dikembangkan di FE Wonosobo […]

Kementan Tekankan Pentingnya Pengujian Untuk Hasilkan Benih Unggul Bermutu

Kementan Tekankan Pentingnya Pengujian Untuk Hasilkan Benih Unggul Bermutu

Pilarpertanian – Untuk memastikan benih yang bermutu ada hal penting untuk melakukan pengujian terlebih dahulu. Dapat dibayangkan jika benih tidak dilakukan pengukuran, tanpa data dan informasi yang jelas akan berdampak pada pengelolaan kebijakan yang tidak tepat dalam melakukan penanaman benih tersebut. Kepala Balai Besar PPMBTPH, Warjito dalam webinar Propaktani hari Sabtu (22/1) menjelaskan permasalahan pengujian […]

Mengejutkan, Panen Bawang Merah Food Estate Temanggung di Atas Rata-Rata Nasional

Mengejutkan, Panen Bawang Merah Food Estate Temanggung di Atas Rata-Rata Nasional

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian bersama Pemkab Temanggung menggelar acara panen bersama bawang merah di kawasan pertanian Embung Bansari Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Kawasan tersebut sebelumnya menjadi lokasi peluncuran program lumbung pangan hortikultura oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo Desember tahun lalu. Mewakili Dirjen Hortikultura, Tommy Nugraha yang ditemui di lokasi mengaku […]

Petani Food Estate Kapuas Tetap Semangat Bertanam Usai Banjir

Petani Food Estate Kapuas Tetap Semangat Bertanam Usai Banjir

Pilarpertanian – Kalimantan Tengah merupakan salah satu lokasi pengembangan Food Estate. Presiden Joko Widodo menginginkan kawasan food estate sebagai pembentuk ketahanan pangan nasional. Selain wilayah yang berada di Sumatera Utara, lokasi lain yang tengah mengembangkan food estate berada di Pulau Jawa dan NTT. Kalimantan Tengah sendiri merupakan lokasi program food estate yang berjalan sejak 2020 […]

Perkuat Monitoring dan Evaluasi Kampung dan UMKM Hortikultura, Kementan Dorong Sinergi Ditjen Hortikultura dan BPPSDMP

Perkuat Monitoring dan Evaluasi Kampung dan UMKM Hortikultura, Kementan Dorong Sinergi Ditjen Hortikultura dan BPPSDMP

Pilarpertanian – Hortikultura merupakan komoditas pertanian yang paling diminati oleh petani-petani milenial. Ini dikarenakan, menurut para petani milenial, komoditas hortikultura menghasilkan keuntungan yang luar biasa dan memiliki potensi ekspor yang besar. “Saya beberapa kali cek di lapangan, ternyata petani milenial itu banyak yang bermain di komoditas hortikultura. Kemudian, saya tanya alasannya dan mereka bilang bahwa […]

Manfaatkan Integrated Farming, Kementan Kembangkan Kampung Alpukat di Cianjur

Manfaatkan Integrated Farming, Kementan Kembangkan Kampung Alpukat di Cianjur

Pilarpertanian – Peningkatan volume ekspor produk pertanian melalui program unggulan Gerakan Tiga Kali Ekspor (GraTiEks) Kementerian Pertanian selalu digaungkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) diberbagai kesempatan. Dengan meningkatnya kemampuan petani untuk melakukan ekspor, maka akan berdampak pula pada meningkatnya kesejahteraan mereka. Dalam usahanya untuk turut menyukseskan GraTiEks, Direktorat Jenderal Hortikultura memiliki program prioritas […]

Pesona Kampung Bawang Merah Argalingga di Majalengka

Pesona Kampung Bawang Merah Argalingga di Majalengka

Pilarpertanian – Kabupaten Majalengka yang terletak di kaki Gunung Ciremai telah lama terkenal dengan keindahan hamparan bawang merah Agrowisata Bukit Panyaweuan. Pasalnya, hamparan bawang merah tersebut ditanam mengikuti kontur lahan miring dengan bentuk berundak-undak (terasering) yang keindahannya memanjakan mata. Berada di ketinggian lebih dari 1.100 m dpl dengan hamparan luas serta agroekosistem yang sesuai, membuat […]

Panen Padi Inpari IR Nutrizinc di Kabupaten Donggala, Berasnya Sudah Dipesan Kades

Panen Padi Inpari IR Nutrizinc di Kabupaten Donggala, Berasnya Sudah Dipesan Kades

Pilarpertanian – Baru-baru ini di salah satu wilayah Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan panen padi varietas Inpari IR Nutrizinc, yang merupakan salah satu varietas padi yang didistribusi oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulawesi Tengah sebagai salah satu bentuk nyata penanganan stunting di Provinsi Sulawesi Tengah. Gerakan panen yang diinisiasi oleh Balai […]

Tindak Tegas Mafia Pupuk Subsidi, Kementan Dukung Langkah Polres Nganjuk

Tindak Tegas Mafia Pupuk Subsidi, Kementan Dukung Langkah Polres Nganjuk

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung langkah kongkret Kepolisian Resor (Polres) Nganjuk yang membongkar kasus penyalahgunaan pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten Nganjuk sebanyak 111,5 ton pupuk subsidi jenis Urea, ZA Phonska, dan SP36. Karena itu, Kementan pun bersama Kepolisian dan pihak lainnya menindak tegas tanpa pandang bulu dan kompromi terhadap oknum yang memainkan pupuk subsidi […]