Kinerja Moncer, Tokoh Bugis-Makassar SYL  Berpotensi Digandeng Ganjar Menuju Pilpres 2024
Foto : Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo Memiliki Kinerja yang Mengagumkan Selama Menjabat Menjadi Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Kinerja Moncer, Tokoh Bugis-Makassar SYL Berpotensi Digandeng Ganjar Menuju Pilpres 2024

Pilarpertanian - Capaian kinerja sektor Pertanian dalam kurun dua tahun dibawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menunjukkan performa yang mengagumkan. Berbagai capaian, prestasi, apresiasi dan penghargaan terus diraih SYL.


Sejumlah pemimpin daerah pun memberikan apresiasi, diantaranya adalah Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Ia mengungkapkan bahwa peran SYL dalam memimpin pembangunan pertanian sangat memuaskan, dimana ujarnya, secara khusus ia mendorong Kabupaten Sragen mampu memacu produksi padi dengan berbagai bantuan seperti bibit dan alsintan.


“Berkat Bapak Mentan SYL, Sragen mampu mengekspor beras ke Arab Saudi. Alhamdulillah bantuan dan dukungan Pak Menteri sangat besar dalam memacu produksi pertanian kami,” katanya.


Yuni mengatakan berbagai kebijakan dan program pertanian dibawah komando Mentan Syahrul akan terus didukung dengan implementasi nyata di lapangan. Ia berharap, sektor pertanian mampu menjadi penopang utama geliat kebangkitan ekonomi Indonesia.



Sebagai informasi, per September 2021 nilai ekspor pertanian menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami kenaikan sebesar 15,04 persen (MtM). Kenaikan tersebut merupakan sinyal baik paska gerakan Merdeka Ekspor yang dilakukan Agustus lalu melalui 17 pintu bandara dan pelabuhan dengan nilai Rp 7,2 triliun.


Merdeka Ekspor menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menandai semangat dan optimisme yang kuat terhadap kebangkitan ekonomi nasional yang secara perlahan, selalu ada kepastian.


Ganjar yang digadang banyak elemen akan maju menjadi calon presiden mendatang mengaku optimis dengan kekuatan sektor pertanian Indonesia yang semakin tumbuh dan tangguh. Lebih dari itu, sektor pertanian bisa membawa Indonesia semakin juara, terutama dalam memulihkan ekonomi akibat pandemi.


Pujian Ganjar terhadap SYL oleh publik kemudian dimaknai sebagai lampu hijau untuk bergandengan pada kontestasi Pilpres 2024-2029 terlebih ketika Ganjar mengenakan songkok Bugis-Makassar saat merayakan ulang tahunnya di Puri Gede, Rumah Dinasnya di Semarang, Rabu (28/10/2021).


Menurut penggiat Kebudayaan di Tamalanrea, Syamsir Anchi, hal itu bisa ditafsirkan sebagai sinyal bahwa pada Pilpres 2024, mendatang, Ganjar akan berpasangan dengan tokoh dari tanah Bugis-Makassar.


“Ganjar memahami kalau keberuntungannya di Pilpres 2024 nanti, ia harus bersama tokoh dari tanah Bugis-Makassar, dengan itu ia mudah memenangkan Pilpres 2024,” kata Syamsir Anchi, Sabtu (30/10/2021).


Untuk saat ini, tokoh Bugis-Makassar yang paling berpeluang dilirik di Pilpres nanti menurutnya adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) atau mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (AAS).


“Sinyal ini serius. Ganjar ini mengerti geopolitik di Nusantara, apalagi dia harus jeli karena survei elektabilitasnya sudah di puncak mengungguli Prabowo,” ucapnya.


Anchi kemudian mengingatkan bahwa SBY dan Jokowi memenangkan Pilpres pada periode pertamanya karena dia bersama tokoh Bugis, Jusuf Kalla.(PW)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Kementan Panen Ubi Jalar Bibit Unggul Varietas Rancing di Kabupaten Bandung

Kementan Panen Ubi Jalar Bibit Unggul Varietas Rancing di Kabupaten Bandung

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bumi Mazarie serta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dan Peneliti dari Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran serta perwakilan dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang bersama seluruh petani ubi jalar dari Kecamatan Baleendah dan […]

Gelar Simposium Internasional, Kementan Diskusikan Potensi Sayuran Asia Tenggara

Gelar Simposium Internasional, Kementan Diskusikan Potensi Sayuran Asia Tenggara

Pilarpertanian – The International Symposium of Southeast Asia Vegetables 2021 yang digelar Kementerian Pertanian, melalui BPPSDMP, resmi dibuka Kamis (18/11/2021), di Ballroom Ambarrukmo Royal Hotel, Yogyakarta. Simposium dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari 6 negara yaitu Indonesia, Belgia, India, Jerman Portugal, dan Taiwan. Kegiatan simposium internasional ini juga merupakan salah […]

Panen dan Tanam Jagung di Lampung, DPR RI Apresiasi Kinerja Kementan

Panen dan Tanam Jagung di Lampung, DPR RI Apresiasi Kinerja Kementan

Pilarpertanian – Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin dan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Suwandi melakukan panen raya jagung seluas 100 hektar di desa Karang Rejo Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (18/11/2021). Panen jagung yang dilakukan merupakan hasil kerja sama Kementerian Pertanian (Kementan) dengan kelompok tani jagung di desa Karang Rejo, […]

Akselerasi UMKM Pangan Lokal, Kementan Gelar Pangan Lokal Goes To Mall

Akselerasi UMKM Pangan Lokal, Kementan Gelar Pangan Lokal Goes To Mall

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan Kementan menggelar kegiatan Pangan Lokal Goes To Mall di Trans Studio Mall Cibubur, Harjamukti, Kota Depok Jawa Barat yang diselenggarakan dari tanggal 18 hingga 21 November 2021. Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan, Sarwo Edhy mengatakan kegiatan ini merupakan Expose atau Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) […]

Kementan Berikan Rekomendasi Teknologi Adaptasi dan Mitigasi Hadapi Perubahan Iklim Subsektor Hortikultura

Kementan Berikan Rekomendasi Teknologi Adaptasi dan Mitigasi Hadapi Perubahan Iklim Subsektor Hortikultura

Pilarpertanian – Perubahan iklim menjadi tantangan yang dihadapi oleh pertanian Indonesia saat ini. Walaupun demikian, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa perubahan iklim ini tidak menyurutkan langkah Kementerian Pertanian untuk terus memenuhi pangan dan mensejahterakan petani di Indonesia, salah satunya melalui peningkatan teknologi. “Pertanian tidak boleh terhenti, pemerintah harus hadir dan bergerak cepat dalam […]

Disambut Hujan Deras, Mentan SYL Dorong Wonosobo Memberikan Kemajuan Pertanian dan Kesejahteraan Petani

Disambut Hujan Deras, Mentan SYL Dorong Wonosobo Memberikan Kemajuan Pertanian dan Kesejahteraan Petani

Pilarpertanian – Usai mengunjungi Food Estate berlokasi di Temanggung, Menteri Pertanian Syahrul Yasin bersama rombongan Eselon I dan Bupati Wonosobo mengunjungi Desa Lamuk, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo, Kamis (18/11). Di bawah hujan deras, Mentan SYL menyatakan bahwa dirinya menginginkan dua kabupaten di Pulau Jawa, yakni Temanggung dan Wonosobo mampu menjadi penggerak perekonomian bangsa. Melihat perkembangannya, dirinya […]

Komisi IV Apresiasi Penanaman Perdana Inpari Nutrizinc Kementan di Cianjur

Komisi IV Apresiasi Penanaman Perdana Inpari Nutrizinc Kementan di Cianjur

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menggelar penanaman perdana benih unggul varietas Inpari IR Nutrizinc di lahan seluas 5,5 hektar milik Kelompok Tani Tirta Guna di Kampung Sipon RT 02, RW 05, Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mengenai hal ini, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai […]

Mentan Ajak Petani Jawa Tengah Gerakkan Ekonomi Nasional Dengan Food Estate

Mentan Ajak Petani Jawa Tengah Gerakkan Ekonomi Nasional Dengan Food Estate

Pilarpertanian – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak para petani di Jawa Tengah untuk menggerakkan roda ekonomi nasional melalui program Pertanian seperti food estate yang dilaksanakan di Temanggung dan Wonosobo. Sebagaimana diketahui, saat ini lebih dari 2.171 petani sudah bergabung dengan kelompok tani yang ada di lokasi ini. Mereka pun mulai berproduksi menggarap lahan […]

Mentan SYL Melepas Ekspor Telur Tetas dan Ajak Kembangkan Ayam KUB

Mentan SYL Melepas Ekspor Telur Tetas dan Ajak Kembangkan Ayam KUB

Pilarpertanian – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak para pelaku usaha yang bergerak di subsektor perunggasan untuk mengembangkan ayam kampung KUB 2 Janaka. Langkah ini, menurut Mentan perlu dilakukan agar kebutuhan protein hewani masyarakat Indonesia tidak selalu bergantung pada komoditas daging sapi atau ayam broiler. “Ternyata ayam kampung kita sangat diminati juga oleh masyarakat […]