Meningkatkan Penjualan Ternak Melalui Pelatihan Sistem Manajemen Pemasaran Online
Foto : Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba Menggelar Pelatihan Sistem Manajemen Pemasaran Online kepada Peternak Domba Banten Farm.

Meningkatkan Penjualan Ternak Melalui Pelatihan Sistem Manajemen Pemasaran Online

Pilarpertanian - Perkembangan penanganan sektor pertanian yang terus didorong Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil mendorong berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi untuk turut terlibat guna mengimplementasikan berbagai inovasi dan terobosan menjadi sektor pertanian semakin modern dan diminati kaum milenial sehingga sektor pertanian menjadi bantalan pertumbuhan ekonomi.


Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung (Unisba) merupakan salah satu perguruan tinggi yang kepincut menggairahkan perekonomian melalui sektor pertanian dan juga sebagai bagian bentuk nyata melakukan pemberdayaan masyarakat untuk membangkitkan kembali aktivitas ekonomi masyarakat berbasis digital. Untuk mewujudkan itu, Program Studi Manajemen ini menggelar pelatihan sistem manajemen pemasaran online kepada peternak domba Banten Farm sebagai pelaku usaha di sub sektor peternakan.


Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Unisba, Rabiatul Adwiyah menjelaskan pelatihan sistem manajemen pemasaran online untuk peningkatan volume penjualan ternak Domba dan kambing di Banten Farm merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat sekaligus meningkatkan minat generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian khususnya dalam melakukan pemasaran secara digital. Kegiatan ini sebagai bentuk pilot project di Indonesia, dimana Banten farm ini merupakan usaha ternak domba dan kambing yang sudah memiliki website sebagai contoh pelaku usaha-usaha ternak di Indonesia.


“Pelatihan sistem manajemen ini telah kami lakukan pada tanggal 26 September 2021 bulan lalu. Pemanfaatan sistem pemasaran online memiliki banyak manfaat yaitu meningkat volume penjualan dan peningkatan omzet penjualan. Pemasaran Online atau bisa disebut juga Digital Marketing merupakan teknik pemasaran terkini dengan bermodalkan internet. Selain bisa menjangkau ke seluruh dunia, pemasaran online bisa dilakukan hanya di depan komputer,” demikian ujarnya di Bogor, Rabu (6/10/2021).



Perempuan yang tengah menempuh program studi doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menekankan tentunya ada strategi di dalamnya yang perlu diketahui. Berbeda dengan strategi pemasaran secara konvensional atau offline yang hanya berputar pada itu-itu saja. Strategi pemasaran secara online jauh lebih luas dan kompleks sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai jenis bisnis atau produk yang ingin di jual.


Ia menambahkan ada tujuh strategi pemasaran online yaitu Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM), Pay Per Click (PPC), Affiliate Marketing, Email Marketing dan Whatsapp Marketing.


“Pada Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini, pengabdi juga melakukan wawancara kepada CEO dan CFO Banten Farm yaitu Pak Fajar dan Pak Rio untuk memperoleh beberapa data dan informasi terkait pengelolaan dan pemasaran yang sudah pernah dilakukan oleh Banten Farm,” jelas Rabiatul.


Lebih lanjut Rabiatul menjelaskan pemilihan pelaku usaha ternak domba dan kambing di Banten Farm ini karena memiliki permasalahan mitra yang harus dipecahkan melalui pendekatan digitalisasi (pemasaran online) saat pandemi Covid-19. Adapun permasalahan mitra yaitu mata pencaharian penduduk setempat rata-rata adalah peternak dan petani dengan tingkat Pendidikan yang rendah. Kemudian, keterampilan untuk memasarkan produk ternak secara online yang masih perlu ditingkatkan.


“Masalah lainnya yakni minimnya sosialisasi dan sharing knowledge mengenai pemanfaatan aplikasi e-commerce. Selanjutnya kondisi pandemi covid-19 menurunkan jumlah penjualan produk ternaknya,” ucapnya.


“Oleh karena itu, hadirnya kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dengan membawa solusi nyata, melalui pelatihan pemanfaatan internet untuk meningkatkan omzet penjualan yang berbasis online. Pelatihan ini pun membantu upaya pemerintah untuk meningkatkan minat kaum milenial terjun ke sektor pertanian dengan menerapkan cara-cara modern yang mengikuti tunturan kemajuan jaman,” pinta Rabiatul.


Terpisah, Rio selaku CFO Banten Farm menuturkan kegiatan pemasaran yang dilakukan Banten Farm untuk menjual produk ternak domba dan kambingnya sudah dilakukan secara online namun masih perlu sistem yang lebih maksimal. Saat ini yang sudah dilakukan Banten Farm yaitu melalui media sosial (IG, whatsapp, Facebook dan media sosial lainnya).


“Namun dengan melalui kegiatan pemasaran online Banten Farm dapat menjangkau konsumen lebih luas dan bahkan nanti harapannya bisa go internasional,” ujarnya.


Adapun kegiatan pelatihan sistem manajemen ini melibatkan mahasiswa dan juga narasumber sekaligus pelatih untuk memberikan materi mengenai sosialisasi pemasaran online untuk peningkatan omzet penjualan pada peternak di Banten Farm, yakni Febriandi Rahmatulloh sebagai professional bidang marketing analytics yang sudah berpengalaman lebih dari 16 tahun bidang marketing di Indonesia, Eropa, Asia Afrika dan Timur Tengah.(BB)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Kementan Dorong Peningkatan Nilai Tambah Bawang Merah dalam Bentuk Pangan Olahan

Kementan Dorong Peningkatan Nilai Tambah Bawang Merah dalam Bentuk Pangan Olahan

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengarahkan pembangunan pertanian yang maju, mandiri dan modern. Untuk mewujudkan hal tersebut, jajarannya diminta untuk bertindak cerdas, tepat dan cepat. Manusia pertanian harus menjadi pribadi yang mandiri dan bisa memanfaatkan teknologi modern. “Pembangunan hortikultura diarahkan pada peningkatan produksi, produktivitas, akses pasar dan logistik. Peningkatan daya saing hortikultura harus […]

Datang Ke Kupang NTT, Mentan SYL Panen Raya Jagung

Datang Ke Kupang NTT, Mentan SYL Panen Raya Jagung

Pilarpertanian – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menghadiri panen raya jagung di Desa Baumata, Kecamatan Tabenu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini merupakan panen raya musim tanam 2 yang masuk kedalam program gerakan tanam jagung panen sapi (TJPS). Adapun luas lahan yang akan di panen ini kurang lebih mencapai 891 hektare yang […]

Pengamat dan Akademisi Menyoroti Pembentukan Badan Pangan Nasional

Pengamat dan Akademisi Menyoroti Pembentukan Badan Pangan Nasional

Pilarpertanian – Pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional telah resmi mengeluarkan regulasi pembentukan Badan Pangan Nasional. Sejumlah fungsi yang dijalankan lembaga baru ini sudah tersusun jelas dalam rangka mewujudkan tata kelola pangan yang lebih baik. Namun demikian, pembentukan Badan Pangan Nasional tersebut mendapat sorotan karena fungsinya tidak begitu […]

Mentan SYL: Badan Karantina Harus Kawal Ekspor dan Lebih Kreatif

Mentan SYL: Badan Karantina Harus Kawal Ekspor dan Lebih Kreatif

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta jajaran Badan Karantina Pertanian (Barantan) untuk terus mengawal ekspor pertanian. Menurut Syahrul, kerja keras jajaran Barantan sudah terlihat dengan suksesnya Merdeka Ekspor yang diselenggarakan 15 Agustus lalu. “Selama tujuh hari, kita bisa mengekspor sebanyak Rp 7,26 Triliun. Semua ini bisa dilakukan karena kompak dan kerja keras semua […]

Mentan SYL Minta Karantina Perketat Produk Pertanian Yang Masuk ke Indonesia

Mentan SYL Minta Karantina Perketat Produk Pertanian Yang Masuk ke Indonesia

Pilarpertanian – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong Badan Karantina Pertanian untuk memperketat setiap produk pangan dan makanan yang masuk melalui pintu-pintu bandara dan pelabuhan seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan Mentan saat memimpin upacara Hari Karantina Pertanian 2021 di Lapangan Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin, 18 Oktober 2021. “Tugas dari karantina pertanian ini sangat […]

Dorong Ekspor Jeruk Tiga Kali Lipat, Mentan SYL Targetkan Bantu 1 Juta Bibit

Dorong Ekspor Jeruk Tiga Kali Lipat, Mentan SYL Targetkan Bantu 1 Juta Bibit

Pilarpertanian – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong pengembangan komoditas hortikultura berbasis kawasan untuk mendongkrak volume ekspor hingga tiga kali lipat. Jeruk merupakan komoditas Indonesia yang memiliki keunggulan komparatif dan permintaan ekspor cukup tinggi dan kontinue sehingga pengembangannya perlu ditingkatkan mencapai 1 juta bibit jeruk unggul, salah satunya jeruk purut yang telah memiliki […]

Ketidakjelasan Bulog Serap Jagung 30.000 Ton, Petani Grobogan Akhirnya Jual ke Pabrik Pakan

Ketidakjelasan Bulog Serap Jagung 30.000 Ton, Petani Grobogan Akhirnya Jual ke Pabrik Pakan

Pilarpertanian – Kepala Dinas Pertanian Grobogan, Sunanto bersama Perum Bulog Cabang Semarang telah melakukan penandatanganan berita acara kesiapan pasokan dan penetapan harga beli jagung pada tanggal 9 Oktober 2021. Berita acara ini menyepakati beberapa hal terkait penyiapan pasokan dan penyaluran jagung dengan Cadangan Stabilisasi Harga Pangan (jagung CSHP) sebanyak 30.000 ton. “Ketidakjelasan Bulog pada tindak […]

Petani Berpeluang Manfaatkan Sistem Resi Gudang (SRG) Untuk Kendalikan Stok

Petani Berpeluang Manfaatkan Sistem Resi Gudang (SRG) Untuk Kendalikan Stok

Pilarpertanian – Resi Gudang merupakan dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang yang diterbitkan oleh pengelola gudang. Pengertian tersebut termaktub di Undang-Undang NOMOR 9 TAHUN 2006 TENTANG SISTEM RESI GUDANG. Pada tanggal 6 Oktober 2021, Webinar/Bimtek Propaktani episode 132 bekerja sama dengan Kopitu menyelenggarakan seminar daring bertemakan Pemanfaatan Sistem Resi Gudang & KUR […]

DPR RI Apresiasi Langkah Kementan Tingkatan Kedelai Nasional

DPR RI Apresiasi Langkah Kementan Tingkatan Kedelai Nasional

Pilarpertanian – Endang S. Thohari anggota DPR RI komisi 4 mendukung Langkah pemerintah melalui Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produksi kedelai nasional. Endang menjelaskan kedaulatan pangan menurut undang-undang negara harus menjadi hal mutlak bagi rakyatnya. “Ketersediaan dan kecukupan pangan, kemudian keterjangkauan harga, pemenuhan konsumsi, keamanan mutu dan gizinya harus jadi perhatian pemerintah (Kementan)” tuturnya. Sebagai mitra […]