Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, Kementan Kolaborasi Gelar Pasar Mitra Tani di Medan
Kegiatan Pasar Mitra Tani yang Digelar di Lapangan Pertiwi, Kelurahan Brayan, Kecamatan Medan Barat, Medan, Sumatera Utara.

Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, Kementan Kolaborasi Gelar Pasar Mitra Tani di Medan

Pilarpertanian - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) terus memantau ketersediaan bahan pangan pokok di pasaran. Salah satunya dilakukan di Kota Medan, Sumatera Utara, untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pangan pokok masyarakat dalam kondisi yang aman. Di Medan, salah satunya selain mengunjungi sejumlah pasar tradisional, jajaran Ditjen PSP Kementan juga menggelar kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dengan mengadakan Pasar Mitra Tani yang digelar di Lapangan Pertiwi Kelurahan Brayan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.


Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, menyediakan pangan bagi seluruh rakyat merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian yang dipikul oleh Kementerian Pertanian. Oleh karenanya, ketersediaan pasokan pangan tak boleh terganggu sama sekali, terlebih pada masa Ramadhan dan jelang Idul Fitri seperti saat ini.


“Pangan rakyat tak boleh terganggu. Kami menjamin tak boleh ada satu orang pun rakyat yang pangannya tak tersedia. Oleh karenanya, saya meminta seluruh jajaran saya untuk memastikan hal tersebut dan melihat lebih dekat dengan turun ke lapangan,” kata Mentan SYL.


Direktur Jenderal PSP Kementan, Ali Jamil mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak terkait terutama Gubernur Sumut dan jajarannya, Walikota Medan beserta jajarannya yang telah ikut andil menyukseskan perhelatan persembahan untuk rakyat tersebut. Kementerian Pertanian, kata Ali, memiliki komitmen tinggi dalam menjaga ketersediaan 12 bahan pangan pokok, khususnya menjelang Lebaran. Salah satu langkah yang diambil adalah telah dilakukan peninjauan sejumlah pasar di Kota Medan dan memastikan ketersediaan kebutuhan mendasar masyarakat tersedia dengan harga terjangkau.



“Ini adalah arahan bapak Menteri Pertanian bapak Prof. Syahrul Yasin Limpo. Memantau kebutuhan masyarakat bukan hanya tugas pusat aja. Ini harus dilakukan oleh semua elemen. Nah hasilnya, dari hasil pantauan kami, secara umum stok atau ketersediaan 12 bahan pangan pokok secara umum dalam kondisi aman, meskipun didapati harga minyak goreng yang masih fluktuatif,” papar Ali. Selanjutnya, Ali menegaskan, Kementerian Pertanian bekerja sama dengan lintas sektor lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara serta distributor-distributor 12 bahan pangan pokok di Medan dalam memperlancar supply barang di pasar hingga ke masyarakat, sehingga kebutuhan bahan pokok tidak terkendala sampai Idul Fitri 1443 H.


“Nah, Pasar Mitra Tani adalah bentuk eksekusi di lapangan yang langsung menyentuh masyarakat tercinta. Kita bisa lihat sendiri antusias masyarakat dengan Pasar yang memang harganya langsung harga distributor. Semoga saja dengan event yang konsisten seperti ini bisa menjaga ketersediaan bahan pokok tersebut juga sekaligus diharapkan fluktuasi harga dapat dikendalikan,” harap Ali.


Lebih lanjut Ali menjabarkan, Pasar Mitra Tani yang diadakan ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk perhatian dari pemerintah/negara untuk mendekatkan lagi bahan pangan pokok ini kepada masyarakat, sehingga masyarakat mudah untuk menjangkaunya.


“Ini adalah sebuah gerakan yang bermanfaat dan sekaligus diharapkan dapat diduplikasi oleh pemerintah daerah ke berbagai lokasi penting bersama seluruh stakeholder lain dalam membantu ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat terdekat dengan lingkungan kita,” ujarnya.


Ia berharap sinergi luar biasa antara seluruh stakeholder dan para distributor pangan di Medan ini semoga terjalin dengan baik dan bisa menjadi contoh baik bagi daerah lain sehingga dapat mengamankan ketersediaan bahan pangan pokok di Kota Medan dan lainnya. “Mari kita wujudkan bersama dengan bekerja keras, bekerja tulus untuk kesejahteraan semua masyarakat,” katanya.


Sebelum mengunjungi Pasar Mitra Tani, Ali dan rombongan terlebih dahulu mengunjungi Perum Bulog Wilayah Sumatera Utara. Pimpinan Wilayah Perum Bulog Sumut, Arif Mandu menjelaskan, dalam menghadapi Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1443 H ini, stok beras dalam kondisi aman berada di kisaran 9 ribu ton yang tersebar di seluruh cabang dan cabang pembantu.


“Khusus Cabang Medan sendiri ada 60 ribu ton dan stoknya sekarang ada 3.000 ton dan sisanya tersebar di seluruh kantor cabang dan kantor cabang pembantu yang lain,” kata Arif.


Bulog, Arif mengatakan, bersinergi dengan semua stakeholder yang ada, terutama Dinas Pertanian dan Kementerian Pertanian dalam rangka memenuhi kebutuhan stok dan menjaga stabilitas harga di masyarakat. “jadi saya pastikan Idul Fitri ini aman dan masyarakat tidak perlu panik,” kata Arif.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis menjelaskan, Kota Medan merupakan barometer Sumatera Utara. Artinya, kata dia, tingkat pengaruh inflasi dari Provinsi Sumatera Utara ini 84 persen adalah berasal dari Kota Medan.


Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemkot Medan berkolaborasi pada hari ini untuk mendekatkan 12 bahan pangan pokok ini dengan harganya jauh di bawah harga normal. “Di sini kita lihat ada beras, gula, minyak goreng kemasan, kemudian minyak goreng curah, cabai merah, telur ayam, daging ayam, daging sapi beku, sayur sayuran. Ada juga bawang putih yang harganya juga jauh di bawah harga pasaran. Kemudian ada pula produk UKM Medan Barat,” papar dia.


Dikatakannya, saat Ramadhan ini sudah pasti kebutuhan akan ketersediaan bahan pangan pokok pasti sangat tinggi. Apalagi saat ini sudah mendekati Lebaran. “Jadi pemerintah, dalam hal ini pusat, provinsi dan pemerintah kota, berkolaborasi untuk mendekatkan ketersediaan bahan pangan ke masyarakat. Kita ingin pastikan ketersediaan bahan pangan pokok 12 macam cukup aman,” tegas Emil.(BB)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Wujudkan Hasil Nyata, Resonansi  Petani Milenial di DIY Meningkatkan

Wujudkan Hasil Nyata, Resonansi Petani Milenial di DIY Meningkatkan

Pilarpertanian – YOGYAKARTA – Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah Sleman kembali kukuhkan petani milenial di wilayahnya. Kali ini 12 orang perwakilan petani milenial dari UPTD BP4 Wilayah VII Berbah Depok dikukuhkan langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo didampingi oleh Perwakilan dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang. Upaya penumbuhan petani milenial sendiri tidak terlepas […]

Soal PMK, IPB Dukung Kementan Penanganan Cepat dan Tepat

Soal PMK, IPB Dukung Kementan Penanganan Cepat dan Tepat

Pilarpertanian – Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan IPB University, Dr. Sri Murtini, menegaskan bahwa penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) bisa melalui kontak langsung maupun udara. Karena itu, perlu penanganan tepat dan cepat melalui beberapa pola dan metode. “Salah satunya dengan biosecurity alias pembatasan lalu lintas ternak. Artinya ternak yang sakit atau dari […]

Kondisi Wabah PMK, Kementan Gerak Cepat Koordinasi Lintas Sektor Untuk Persiapan Pelaksanaan Kurban

Kondisi Wabah PMK, Kementan Gerak Cepat Koordinasi Lintas Sektor Untuk Persiapan Pelaksanaan Kurban

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) gerak cepat melakukan koordinasi lintas kementerian dan lembaga, antara lain dengan Kemenko Perekonomian, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kantor Staf Presiden untuk mempersiapkan pelaksanaan kurban dalam kondisi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hari […]

Kementan Dorong Jeneponto Tingkatkan Indeks Pertanaman

Kementan Dorong Jeneponto Tingkatkan Indeks Pertanaman

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong peningkatan Indeks (IP) Pertanaman sektor pertanian Kabupaten Jeneponto dari 100 menjadi 300 atau satu kali tanam menjadi tiga kali tanam setahun, bahkan ke depannya didorong menjadi empat kali setahun (IP 400). Karena itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan pencanangan tanam perdana lahan sawah biasa untuk Peningkatan […]

Canangkan Pertanaman IP 300 Di Jeneponto, Mentan SYL Optimis Produksi Terus Meningkat

Canangkan Pertanaman IP 300 Di Jeneponto, Mentan SYL Optimis Produksi Terus Meningkat

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menggelar tanam perdana padi sekaligus pencanangan perdana indeks pertanaman (IP) 300 atau penanaman 3 kali setahun (padi-padi-jagung). “Jeneponto adalah daerah yang dikaruniai Allah luar biasa, dan pertanian itu merupakan jawaban dari hadirnya kehidupan yang lebih baik dan banyak sekali perintah agama kita yang mengatakan bahwa bertanam itu kehidupanmu” […]

Mentan SYL Ajak Saudagar Bugis Bangun Sektor Pertanian

Mentan SYL Ajak Saudagar Bugis Bangun Sektor Pertanian

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak pengusaha lokal atau saudagar Bugis untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan pertanian nasional. Menurutnya, pertanian adalah sektor strategis yang mampu menggerakkan roda perekonomian Indonesia dari hulu ke hilir. Sebagai catatan, kata SYL, sektor pertanian mengalami pertumbuhan tinggi, yakni sebesar 16,24 persen pada triwulan II 2020 […]

Cegah Tertular PMK, Sapi Asal Kupang Tidak Diturunkan di Tanjung Perak

Cegah Tertular PMK, Sapi Asal Kupang Tidak Diturunkan di Tanjung Perak

Pilarpertanian – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo telah menetapkan beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Timur sebagai daerah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ketetapan yang tertuang dalam Kepmentan No. 403/KPTS/PK.300/M/05/2022 memiliki konsekuensi per tanggal 9 Mei 2022 tidak ada hewan ternak rentan PMK yang boleh keluar dari, masuk ke, ataupun transit di wilayah Provinsi Jawa Timur. Karena […]

April 2022, Ekspor Pertanian Tumbuh 15,89 Persen

April 2022, Ekspor Pertanian Tumbuh 15,89 Persen

Pilarpertanian – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor pertanian pada April 2022 mengalami pertumbuhan positif, yakni sebesar 15,89 persen (YonY) dibanding periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan tersebut disebabkan oleh naiknya permintaan beberapa komoditas ke Negara-negara besar seperti China dan Amerika. Dengan kenaikan tersebut, maka sektor pertanian memiliki total share sebesar 1,44 peraen. Kepala […]

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Pilarpertanian – Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh anggotanya di seluruh wilyah Indonesia untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan dan mencegah penyebaran PMK. Hal tersebut disampaikan oleh Yudi Guntara selaku Ketua HPDKI dalam […]