Tingkatkan SDM, POLBANGTAN YOMA dan PT Tunas Argo Bekerja Sama

Pilar Pertanian Jumat, 11/01/2019 07:10 WIB
Tingkatkan SDM, POLBANGTAN YOMA dan PT Tunas Argo Bekerja Sama Foto : Kunjungan Polbangtan Yogyakarta Magelang Dalam Rangka Menjalin Kerjasam dengan PT Tunas Agro Persasa
Pilar Pertanian - Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, Politeknik Pembangunan Yogayakarta Yogyakarta Magelang (POLBANGTAN YOMA) akan bekerjasama dengan PT Tunas Argo Demak untuk terus menjalin komunikasi dalam dunia usaha dan industri.

Dr. Ananti Yekti, SP., MP, menjelaskan bahwa kolaborasi antara Perguruan Tinggi Vokasi dengan industri merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Salah satunya dengan melakukan kolaborasi dengan PT Tunas Agro dalam bentuk pengembangan Teaching Factory Program Studi Perbenihan dan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan.

PT Tunas Agro yang berlokasi di Demak, Jawa Tengah merupakan salah satu perusahaan swasta dalam negeri yang ikut berpartisipasi dalam membangun sistem pembenihan nasional. PT Tunas Agro telah menghasilkan benih-benih hortikultura semusim bermutu yang dapat digunakan oleh petani antara lain: melon, semangka tanpa biji, semangka berbiji, cabai, tomat, jagung manis dan beberapa sayuran.

Kunjungan dilaksanakan pada 10-11 Januari 2019, Ananti Yekti selaku Wakil Direktur Polbangtan Yogyakarya Magelang didampingi oleh Budi Wijayanto telah berkoordinasi dengan Direktur Riset dan Produksi PT Tunas Agro, Dwi Kartika. Kesepakatan kerjsama akan diwujudkan dalam bentuk MoU dalam hal pelaksanaan magang industri yang dilakukan oleh mahasiswa Polbangtan Yogyakarta Magelang di PT Tunas Agro.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pengembangan kebun praktik Polbangtan Yogyakaeta Magelang untuk dapat memproduksi benih dengan SOP dan supervisi dari PT Tunas Agro serta mendukung kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa Polbangtan Yogyakarta Magelang. Oleh sebab itu, untuk melihat potensi dan materi kerja sama maka akan dilakukan peninjauan salah satu kebun riset dan produksi PT Tunas Agro di kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Diharapkan mahasiswa Polbangtan Ygyajarta Magelang dapat terlibat dalam produksi benih bersertifikat, supervisi dan dapat melakukan pemberdayaan petani sebagai seed produsen. (bs)

Redaksi: redaksi[at]pilarpertanian.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]pilarpertanian.com
Baca Juga
Newsfeed
  • {{ idnTime(feeds.publishdate) }}
MOST POPULAR