Mentan Panen Raya Padi, Giliran Di Grobogan Jawa Tengah
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo Saat Menghadiri Panen Raya Padi di Desa Werdoyo, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Mentan Panen Raya Padi, Giliran Di Grobogan Jawa Tengah

Pilarpertanian - Mengawali tahun 2023, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kembali panen raya padi yang kali ini dilakukan di Desa Werdoyo, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.


Panen padi di sentra beras Jateng ini akan terus berlangsung dari Januari – April 2023. Ini mempertegas produksi padi dan ketersediaan beras dalam negeri cukup dan tersedia.


“Yang kita lakukan hari ini adalah kontribusi kita pada negara. Saya datang hari ini untuk menunjukkan bahwa kita terutama Grobogan tidak ada masalah (stok beras). Selama 3 tahun, covid pertanian menjadi bantalan ekonomi yang tidak goyah”, jelas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan Kamis siang.


Mentan SYL mengatakan, Indonesia termasuk negara yang dinamika nya sangat tinggi. Tetapi kata FAO, IRRI dan badan dunia Indonesia termasuk negara yang paling survive dan inflasi yang paling rendah dari negara lain.



SYL menambahkan bahwa urusan pertanian menjadi bagian dari harga diri. “Kalau kita mau perbaiki rakyat perbaikilah pertaniannya, kita yang harus perbaiki jangan tunggu orang lain”, ungkapnya pada pewarta.


Mengakhiri sambutannya, Mentan SYL secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Grobogan atas kontribusinya dalam menyumbang ketersediaan pangan dalam negeri seperti padi, jagung dan kedelai. Mentan siap mendukung peningkatan produksi pangan lainnya di kabupaten Grobogan.


Ditempat yang sama, Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyampaikan sangat bangga atas kehadiran Menteri Pertanian yang kesekian kalinya ke Grobogan.


“Di tengah ancaman inflasi hasil pertanian dari berbagai macam komoditas termasuk komoditas unggulan yaitu pajale di Grobogan ini tetap eksis,” kata Sri.


Di Grobogan tahun 2022 dengan luas panen 137 ribu ha produksi padi mencapai 787 ribu ton, produksi jagung seluas 133 ribu ha dengan produksi 835 ribu ton. Adapun luas panen kedelai 19 ribu ha dengan produksi 44 ribu ton.


“Produksi pajale kami peringkat 1 tingkat Jawa Tengah. Di tahun 2022, Kabupaten Grobogan juga meraih juara 1 tingkat nasional untuk produksi kedelai yaitu 3,6 ton per hektar” tambahnya.


Kabupaten Grobogan sebagai penyangga pangan di Jawa Tengah, bahkan peringkat nasional dan akan terus berjuang untuk terus naik kelas.


“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Menteri atas peran dan perhatiannya kepada Kabupaten Grobogan”, katanya.


Berdasarkan KSA BPS, luas panen padi di Provinsi Jawa Tengah pada Januari 2023 ini seluas 54.124 ha dan sudah masuk panen raya. Sementara prediksi panen di bulan Februari seluas 340.315 ha. Sedangkan panen secara nasional pada Februari nanti seluas 1,41 juta ha.


Sementara itu, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan, menghadapi iklim ekstrem tahun 2023 setiap daerah agar mapping rawan kekeringan, membentuk brigade air, menggunakan benih tahan kekeringan dan pengendalian OPT.


“Januari ini di Grobogan panen perdana dan masuk panen raya pada Februari nanti, diharapkan dapat segera diserap sehingga dapat memenuhi cadangan beras pemerintah ” tutur Suwandi.


Selanjutnya, Suwandi menyebutkan, bahwa pada tahun 2023 ini kami mulai mengembangkan pertanian presisi dengan mekanisasi dan berbasis IT. “Jadi pertanian presisi ini adalah pertanian yang berbasis teknologi yang pendekatannya dengan menggunakan metode observasi dan pengukuran” jelasnya.


Dalam kesempatan ini, diserahkan juga bantuan kepada beberapa kelompok tani berupa bantuan benih dan power thresher.(BB)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Wamentan Harvick Dukung Peningkatan Produksi Susu Segar GKSI

Wamentan Harvick Dukung Peningkatan Produksi Susu Segar GKSI

Pilarpertanian – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/1/2023). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau pabrik pengolahan susu PT Industri Susu Alam Murni (ISAM) yang dikelola oleh Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI). Dalam sambutannya, Ketua Umum GKSI Dedi Setiadi mengatakan produksi susu segar yang dikelola oleh […]

Mentan SYL Pastikan Ketersediaan Beras Jelang Puasa dan Lebaran Dalam Posisi Aman

Mentan SYL Pastikan Ketersediaan Beras Jelang Puasa dan Lebaran Dalam Posisi Aman

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan ketersediaan dan pasokan beras jelang bulan puasa dan lebaran mendatang dalam kondisi aman. Hal itu disampaikan SYL saat meninjau panen raya 2023 di Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. “Secara nasional beras kita dalam kondisi aman. Tentu saja bulan puasa dan lebaran juga dalam kondisi […]

Mentan SYL Minta Jajaran Perkuat Harmonisasi, Gapai Prestasi dan Sejahterakan Petani

Mentan SYL Minta Jajaran Perkuat Harmonisasi, Gapai Prestasi dan Sejahterakan Petani

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak jajaran Kementan untuk mengedepankan harmoni menuju prestasi 2023. Bagi SYL, berbagai capaian pada tahun sebelumnya harus menjadi pelecut sekaligus pemicu atas hadirnya prestasi yang lebih besar. Salah satunya meningkatkan produksi dan mengangkat kesejahteraan petani. “Saya kira itulah yang sebenernya kita komitmenkan hari ini, besok dan […]

Sukses Kembangkan Usaha Penggilingan Padi, KUR Terbukti Berhasil di Sektor Hilir

Sukses Kembangkan Usaha Penggilingan Padi, KUR Terbukti Berhasil di Sektor Hilir

Pilarpertanian – Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian dinilai berhasil mengembangkan usaha penggilingan padi (rice milling unit). Keberadaan RMU sangat penting agar rantai pasok beras lancar. Terlebih di masa panen raya di sejumlah titik, salah satunya di Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya. Hal itu yang kemudian menjadikan stok beras di sana dalam posisi melimpah. Suprapto, salah satu […]

Ketua Bidang V Oase-KIM Dorong Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Sumber Makanan Sehat

Ketua Bidang V Oase-KIM Dorong Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Sumber Makanan Sehat

Pilarpertanian – Ketua Bidang V Organisasi Aksi Sosial Era Kabinet Indonesia Maju (Oase-KIM), Ayunsri Yasin Limpo mendorong masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan lahan sempit pekarangan rumah sebagai lahan produktif yang bisa menghasilkan nilai gizi sehat bersumber sayur dan buah-buahan. Menurut Ayunsri, sumber pangan sehat bisa didapat secara mudah melalui penerapan konsep pertanian terintegrasi dan berkelanjutan. Untuk […]

Akademisi IPB : Harga Beras Naik Karena Kelalaian Bulog Serap Saat Panen Raya

Akademisi IPB : Harga Beras Naik Karena Kelalaian Bulog Serap Saat Panen Raya

Pilarpertanian – Akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prima Gandhi menyoroti anomali kenaikan harga beras di awal tahun 2023 saat ini dan stok beras yang sedikit di pasar padahal telah mulai masa panen raya padi di berbagai daerah, utamanya sentra produksi. Melansir data info Pasar Beras Induk Cipinang (PIBC), harga beras per 4 Februari 2023 […]

Masuk Musim Panen Padi, Mentan SYL Cek Kesiapan Penggilingan di Kabupaten Bogor

Masuk Musim Panen Padi, Mentan SYL Cek Kesiapan Penggilingan di Kabupaten Bogor

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kegiatan panen raya padi perdana 2023 di Kabupaten Bogor. Kunjungan dilakukan guna memperkuat pasokan beras nasional khususnya sebagai salah satu penyangga beras Ibukota DKI Jakarta. Selanjutnya, mengecek kesiapan penggilingan padi yang berada di sekitar lokasi panen. Mentan SYL mengatakan pertanian Kabupaten terkenal dengan lahan yang subur dengan […]

Meski di Era Krisis, Sektor Pertanian Tahun 2022 Tumbuh 2,25 Persen

Meski di Era Krisis, Sektor Pertanian Tahun 2022 Tumbuh 2,25 Persen

Pilarpertanian – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono mengatakan bahwa sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 2,25 persen yang dihitung berdasarkan kinerja perekonomian Indonesia sepanjang tahun 2022 dari sisi lapangan usaha. Dengan demikian, kata Margo, sektor pertanian dan lapangan usaha lainnya mampu memberikan kontribusi besar terhadap PDB triwulan IV 2022 yaitu sebesar 64,75 persen. “Seluruh […]

Panen Padi di Kabupaten Bekasi Melimpah, ini Pesan dan Harapan Petani

Panen Padi di Kabupaten Bekasi Melimpah, ini Pesan dan Harapan Petani

Pilarpertanian – Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA Kabupaten Bekasi), Mulyana memastikan bahwa kebutuhan dan pasokan beras di wilayahnya dalam kondisi aman dan melimpah. Bahkan tak menutup kemungkinan, beras dari Bekasi juga mampu menyangga kebutuhan beras di Jawa Barat dan Ibu Kota Jakarta. Kepastian ini disampaikan Mulyana saat meninjau panen raya padi bersama Menteri Pertanian […]