Minahasa Masih Menanam Padi Ladang Manfaatkan Lahan Di Bawah Kelapa

Pilar Pertanian Sabtu, 29/12/2018 09:54 WIB
Minahasa Masih Menanam Padi Ladang Manfaatkan Lahan Di Bawah Kelapa Foto : Lahan Padi Yang Dimanfaatkan
Pilar Pertanian - Di penghujung tahun, pendampingan inovasi pertanian terus diupayakan, agar pendapatan petani meningkat dan ketahanan pangan dapat dipertahankan, bahkan terus didorong agar berdaulat. Demikian terungkap dalam satu diskusi menjelang akhir tahun di BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara.

Dr.Ir.Yusuf,MP. Dalam satu diskusi dengan penanggung jawab kegiatan pendampingan kawasan, ketika melaporkan pelaksanaan kegiatan di lapangan. Rawung mengungkapkan bahwa di penghujung tahun Minahasa masih menanam. Setelah menerima informasi, beliau mendorong agar kegiatan ini harus berkontribusi dalam penyerapan anggaran. Capaian kegiatan BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara menurut Yusuf, sudah 93,30 persen. Ini akan semakin baik dengan serapan kegiatan yang sudah berjalan dilapangan termasuk pendampingan kawasan tanaman pangan.

Luas lahan dibawah kelapa dan yang sudah tidak ada kelapa, agar dimanfaatkan dengan tanaman pangan. Luas lahan belum dimanfaatkan secara optimal di Kabupaten Minahasa, sementara kabupaten Minahasa cukup luas dan potensi dan ini cocok dengan tanaman padi ladang, dan tanaman pangan lain ungkap Yusuf.

Harapan saya, melalui kegiatan Pendampingan Kawasan Pertanian Tanaman Pangan, pelaku utama (Petani) dan pelaku antara (Penyuluh) kita sugesti dengan inovasi teknologi pemanfaatan lahan kering dengan Padi Ladang, ujar beliau.Terkait dengan pemanfaatan lahan kering, Balitbangtan banyak inovasi yang dapat digunakan; seperti hasil inovasi benih padi untuk lahan kering, tutup beliau dalam diskusi. Dr.Ir.Jefni Bernedi Markus Rawung, MSi.

mengamini harapan Yusuf, karena dengan sentuhan teknologi, pasti akan berpengaruh pada pola kerja petani. Dengan demikian teknologi Balitbangtan dapat diderashilirkan dan lahan termanfaatkan. Saat diskusi dengan kepala BPTP Balitbangtan yang low profil dan tidak membatasi waktu pada karyawan untuk diskusi, Rawung lanjut melaporkan pelaksanaan kegiatan di Desa Lemoh Raya Kecamatan Tombariri Timur, dimana di Desa tersebut, sedang dilaksanakan kegiatan Pendampingan Kawasan Pertanian Tanaman Pangan.

Lanjut Rawung, Kegiatan ini dilakukan melalui Demplot dan Bimbingan Teknis Budidaya Padi Gogo dilahan kering atau padi ladang. Dan telah dilakukan Bimbingan teknis (Bimtek) bertempat di Balai Desa Lemoh (17/12). Materi yang telah disampaikan yaitu; teknik budidaya padi di lahan kering dengan prisnsip Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) dan Aspek pengendalian hama dan penyakit pada padi di lahan kering.

Kegiatan ini, di buka oleh Pemerintah Desa Lemoh Raya yang dihadiri oleh Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa diwakili oleh Rensinah Tikoalu,SP. sebagai Koordinator jabatan Fungsional (KJF) Kab. Minahasa, Wempi Pangaila,SP. Koordinator BPSB Minahasa, Kelompok Tani dan Wanita Tani serta petani sekitar Desa Lemoh Raya, tutup Rawung saat melaporkan kegiatan di sela-sela diskusi. (bs)

Redaksi: redaksi[at]pilarpertanian.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]pilarpertanian.com
Baca Juga
Newsfeed
  • {{ idnTime(feeds.publishdate) }}
MOST POPULAR