Pilar Pertanian

Berita Pertanian Aktual

28 June 2020

Semai Sebelum Panen, Kabupaten Bungo Dukung Ketahanan Pangan

Semai Sebelum Panen, Kabupaten Bungo Dukung Ketahanan Pangan
Foto : Petani Kabupaten Bungo, Semai Sebelum Panen Padi, Upaya untuk Mendukung Ketahanan Pangan.

Pilarpertanian - Pandemi global Covid-19 tidak menghalangi aktivitas insan pertanian di Provinsi Jambi, salah satunya kelompoktani di Kabupaten Bungo tetap semangat dan giat melakukan panen padi dan telah melakukan persemaian untuk tanam berikutnya.

Seperti yang selalu digaungkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo bahwa insan pertanian merupakan pejuang pangan yang terus menerus secara mandiri maupun melalui bantuan pemerintah mampu menyediakan pangan pada kondisi darurat seperti masa pandemi covid-19 ini. Aktivitas pertanian harus terus berlanjut  dan tidak boleh terhenti, bahkan peran penyuluh pertanian mejadi sangat penting dalam mengawal petani untuk meningkatkan produksi, karena pertanian sebagai gerbang terdepan penyedia stok pangan baik untuk daerah maupun nasional.

Panen padi varietas Inpari 3 yang dilaksanakan di Kabupaten Bungo Dusun Lubuk Banteng di wilayah kerja BPP Bathin III dihadiri oleh Dinas Kabupaten yang diwakili Kasi Program, Bapak Rio dan jajarannya, BPP Bathin III dan Penyuluh Pertanian Sukarni Afrida pada Kelompoktani Lebak Banteng dan Poktan Tunas Muda masing-masing seluas 20 ha (total 40 Ha) masing-masing kelompok seluas 20 Ha dengan hasil mencapai 6,8 ton/ha. Sungguh suatu berkah yang luar biasa di masa pandemi Covid-19 yang belum dapat diprediksi kapan berakhir.

Kasi Program yang mewakili Kepala Dinas dalam sambutannya juga menyampaikan agar petani/poktan tetap menjaga kesehatan dan semangat dalam berproduksi serta menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor. Penyuluh Pertanian dan koordinator BPP mengingatkan agar selalu mengawal dan mendampingi petani atau kelompok tani dengan semangat untuk mengolah lahan percepatan tanam untuk mengantisipasi ancaman musim kemarau. Kementan mengajak Indonesia untuk optimis, Indonesia akan terus ada sebagai negara besar, kaya, dan tak lupa selalu men-support petani.(ND)

Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *