Sempat Off, Festival Bunga dan Buah Nusantara Kembali Digelar
Kegiatan Festival Bunga dan Buah Nusantara yang Digagas Himpunan Mahasiswa Agronomi Institut Pertanian Bogor yang Bertempat di Alun-alun Kota Bogor, Jawa Barat.

Sempat Off, Festival Bunga dan Buah Nusantara Kembali Digelar

Pilarpertanian - Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) kembali digelar setelah sebelumnya sempat off dua tahun. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, terhitung 21-23 Oktober 2022 di alun-alun Kota Bogor dibuka secara resmi oleh Walikota Bogor, didampingi Sekretaris Ditjen Hortikultura beserta Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian tersebut cukup mendapat sambutan hangat dari masyarakat.


Kegiatan yang digagas Himpunan Mahasiswa Agronomi Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengangkat tema “The Revival Spirit of Nusantara Flowers and Fruits” yang menunjukkan semangat kebangkitan bunga dan buah lokal untuk kembali berjaya pasca pandemi. Selain itu, event tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap buah dan bunga nusantara.


“Kegiatan Festival Bunga dan Buah Nusantara sangat menarik sekali karena mendukung program Kementerian Pertanian, khususnya Direktorat Jenderal Hortikultura melalui pengenalan Bunga dan Buah kepada masyarakat,” ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari di sela pembukaan, Jumat (21/10).


Pihaknya menambahkan, FBBN yang sejatinya merupakan agenda tahunan ini diharapkan dapat mendorong dan membangkitkan hasil produksi petani khususnya tanaman buah dan bunga. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor produk hortikultura ke luar negeri.



“Tahun ini, perkembangan nilai ekspor Indonesia dari komoditas hortikultura khususnya buah dan bunga meningkat signifikan. Dengan adanya acara ini, diharapkan akan terus tumbuh dan berkembang apalagi saat ini permintaan pasar luar negeri akan tanaman hias naik seiring dengan adanya perang antara Ukraina dan Rusia,” papar Retno.


Dalam kesempatan FBBN 2022 ini, Ditjen Hortikultura melalui Direktorat Buah dan Florikultura juga turut membagi 500 paket buah lokal yang siap disantap bagi para undangan dan pengunjung.


Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya memberikan apresiasi kepada mahasiswa IPB atas kerja kerasnya sehingga terlaksananya kegiatan ini. Sesuai tema dan tujuan Festival Bunga dan Buah Nusantara, Bima Arya berharap komoditas yang ada dalam FBBN tersebut semuanya merupakan produk lokal yang artinya diproduksi dari dalam negeri.


“Ini PR kita semua untuk mempromosikan dan mencintai buah lokal. Bayangkan kalau setiap acara-acara tingkat kementerian, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan dan desa disodorkan buah, tapi buahnya beli di outlet yang isinya impor, ini tragis sekali menurut saya,” katanya.


Padahal, katanya, kualitas produk buah dan bunga lokal sama seperti produk impor. Buah lokal unggul dari sisi rasa, hanya saja masih kalah dari sisi pengemasan dan distribusi.


Jika buah-buah nusantara ini tidak dipromosikan dan tidak kembali dikenalkan ke masyarakat, Bima Arya khawatir buah-buah lokal yang langka akan seperti mobil antik yang hanya bisa disaksikan di pameran ataupun di rumah pemiliknya masing-masing.


“Jadi tragis kalau bunga dan buah nusantara itu hanya ada di festival dan tempat-tempat tertentu. Kita ini bukan wilayah produksi tapi showcase-nya etalasenya bisa di sini. Kita punya banyak potensi untuk menjadi showcase-nya,” paparnya.


Di tempat terpisah, Ketua panitia penyelenggara, Muhammad Ikhsan, FBBN mengungkapkan bahwa pihaknya bersama tim telah mempersiapkan acara ini sejak beberapa bulan lalu.


“Persiapan acara sendiri sudah dari enam bulan lalu. Pada FBBN yang diselenggarakan sepanjang 3 hari ini terdapat 50 partisipan yang mengisi stand tanaman hias serta buah dan stand kuliner serta bermacam stand lainnya,” tutur Ikhsan.


Salah satu tenant berasal dari Botani Seed Indonesia, Asep mengatakan bersyukur FBBN kembali digelar. Acara yang lama dinantikan ini diharapkan tak hanya mendatangkan keuntungan ekonomis, namun juga mampu menambah minat masyarakat untuk bertanam.


“Alhamdulillah kunjungan sejak hari pertama sudah banyak baik itu dari Kementerian dan Dinas Pertanian, IPB dan Wali Kota Bogor juga hadir. Kami menjual aneka benih bersertifikat dan aneka tanaman hias dan tabulampot, termasuk pupuk. Di sini kami juga menyediakan paket tanaman tabulampot dengan harga ekonomis agar masyarakat tertarik membeli dan bertanam,” ujarnya.


Pendiri sekaligus penggagas Petani Milenial Arsy, Canesia Aisah yang viral dengan cabai katokkon juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Agak sedikit berbeda dengan stan lainnya yang memfokuskan diri untuk berjualan, dirinya dalam kesempatan ini mengusung wacana untuk berkolaborasi dengan petani milenial lainnya.


“Kami senang sekali di sini bisa bertemu teman-teman baru di dunia pertanian, jadi ada kesempatan untuk menjalin kerja sama bisnis. Kami ingin mengumpulkan hasil petani milenial yang masih kebingungan mau menjual hasil pertaniannya ke mana. Di Arsy sendiri, kami sudah memiliki market tersendiri termasuk bekerja sama dengan supermarket. Jadi ke depannya kami berencana membantu teman-teman yang masih kebingungan kira-kira kalau punya hasil pertanian di jual ke mana,” pungkas dara yang akrab dipanggil Ais ini.


Selain pameran bunga dan buah, acara FBBN ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara di antaranya senam pagi bersama, talkshow, demo merangkai bunga serta aneka lomba seperti lomba buah unggul, fashion show, menggambar, rangking bunga dan buah, dan tanaman hias unggul.(BB)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Kementerian Pertanian Pecahkan Rekor MURI Nguleg Bawang Putih Terbanyak dan Serentak

Kementerian Pertanian Pecahkan Rekor MURI Nguleg Bawang Putih Terbanyak dan Serentak

Pilarpertanian – Dalam Gebyar Bawang Putih Nusantara di acara Jambore Hortikultura 2022, Rekor MURI untuk kategori Nguleg Sambal Serentak berhasil dipecahkan. Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan rasa kagum dan bangganya atas animo peserta. “Tadinya kami menargetkan 5.000 peserta hadir online se-Nusantara. Namun, tidak disangka peserta tembus hingga 7.695 dari berbagai kota/kabupaten/provinsi,” ujar Prihasto, Jumat […]

Pengenalan Teknologi Perbanyakan Benih Hortikultura pada Jambore Hortikultura

Pengenalan Teknologi Perbanyakan Benih Hortikultura pada Jambore Hortikultura

Pilarpertanian – Inovasi teknologi perbanyakan Hortikultura senantiasa dinamis mengikuti perkembangan zaman. Hal ini dikarenakan keterbatasan sumber entris terutama untuk buah lokal sehingga perlu ada terobosan perbanyakan vegetatif yang efektif dan efisien. Selain itu pengambilan entris dari pohon induk tunggal (PIT) secara massif dapat merusak PIT sendiri. “Selain itu kendala yang sering terjadi di dalam proses […]

Mentan SYL Dorong Buah & Sayur Indonesia Tembus Mancanegara

Mentan SYL Dorong Buah & Sayur Indonesia Tembus Mancanegara

Pilarpertanian – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mendorong produk pertanian Indonesia, terutama buah dan sayur untuk bisa menembus pasar mancanegara. SYL pun bercerita tentang harga buah dan sayur tropis yang dihargai mahal di luar negeri. “Kemarin di Washington saya lihat harga durian dihargai 1,5 juta rupiah di sana. Dengan tingginya nilai buah dan […]

Kementan Luncurkan Logo UMKM Hortikultura

Kementan Luncurkan Logo UMKM Hortikultura

Pilarpertanian – Penumbuhan UMKM merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19, termasuk UMKM produk olahan hortikultura. Untuk menjamin kualitas produk olahan yang dihasilkan oleh UMKM Hortikultura binaan, Direktorat Jenderal Hortikultura memberikan penanda khusus berupa sebuah logo pada setiap produk olahan yang dihasilkan. “UMKM yang menjadi binaan Ditjen Hortikultura […]

Kebutuhan 3,5 Ton Per Bulan, Pelaku Usaha : Jika Stok Bawang Putih Stabil, Kami Tinggalkan Bawang Putih Impor

Kebutuhan 3,5 Ton Per Bulan, Pelaku Usaha : Jika Stok Bawang Putih Stabil, Kami Tinggalkan Bawang Putih Impor

Pilarpertanian – Jambore Hortikultura hari perdana bertemakan bawang putih. Tak hanya pemecahan rekor MURI, kegiatan turut diwarnai Talkshow dan demo masak bertemakan, Bangga dengan Bawang Putih Nusantara. Dengan menghadirkan praktisi, akademisi berikut pelaku usaha di bidang bawang putih, peserta yang hadir secara offline maupun online diedukasi aneka manfaat dan potensi bawang putih nasional. “Bawang putih […]

LPPNU Jatim Minta Polemik Beras Dihentikan, Buat Apa Impor Kalau CBP Sudah Terpenuhi

LPPNU Jatim Minta Polemik Beras Dihentikan, Buat Apa Impor Kalau CBP Sudah Terpenuhi

Pilarpertanian – Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Jawa Timur, Ahmad Yani meminta polemik wacana impor beras segera dihentikan. Menurutnya, kebijakan impor tidak perlu dilakukan mengingat beras Indonesia yang ada di penggilingan dan masyarakat sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun mendatang. “Terkait dengan polemik ini, apakah semahal itu koordinasi antar lembaga. […]

Mentan SYL Buka Jambore Hortikultura 2022: Buah dan Sayur Indonesia Harus Mendunia

Mentan SYL Buka Jambore Hortikultura 2022: Buah dan Sayur Indonesia Harus Mendunia

Pilarpertanian – Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian menggelar acara Jambore Hortikultura 2022. Kegiatan dihelat mulai Jumat – Minggu, 2 – 4 Desember 2022. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), turut hadir sekaligus membuka acara bersama Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto. SYL menjelaskan, pihaknya mengapresiasi capaian komoditas hortikultura selama beberapa tahun terakhir. Di tengah pandemi dua […]

Pengunjung Jambore Hortikultura 2022 Dibuat Takjub oleh Jamur Keabadian

Pengunjung Jambore Hortikultura 2022 Dibuat Takjub oleh Jamur Keabadian

Pilarpertanian – Perhelatan akbar Kementerian Pertanian yang bertajuk Jambore Hortikultura 2022 yang dibuka oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo Jumat (2/12) ternyata menarik minat dan antusias pengunjung. Diperkirakan lebih dari 2.000 pengunjung memadati area Jambore yang berada di Margo Hotel Depok pada hari pertama. Acara yang direncanakan menjadi event tahunan tersebut akan digelar hingga Minggu […]

Isu Impor Beras, Ekonom Indef Ingatkan Bapanas Soal Ini

Isu Impor Beras, Ekonom Indef Ingatkan Bapanas Soal Ini

Pilarpertanian – Komoditas beras memiliki posisi yang amat strategis. Sebagai bahan pangan utama masyarakat, beras cukup ‘sensitif’ terhadap gejolak pasar. Isu-isu yang menyebabkan kenaikan seperti ketersediaan stok, harga, hingga impor sangat berpengaruh di lapangan. Pernyataan tersebut disampaikan Ekonom Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Agus Herta Sumarto ketika dimintai keterangannya seputar rencana impor […]