Suherman Petani Muda Milenial Alumni Magang Jepang Sebagai Pelopor Pembangunan Di Provinsi Banten

Pilar Pertanian Jumat, 11/01/2019 11:16 WIB
Suherman Petani Muda Milenial Alumni Magang Jepang Sebagai Pelopor Pembangunan Di Provinsi Banten Foto : Suherman Petani Muda Milenial Asal Banten
Pilar Pertanian - Suherman, petani tani milenial kelahiran tahun 1984 berasal dari Kabupaten Lebak Banten (daerah tempat suku Baduy), adalah satu dari 1.331 orang alumni Program Magang bagi Petani Muda ke Jepang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian c.q.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian sejak tahun 1984 bekerjasama dengan berbagai asosiasi petani di Jepang.

Sekembalinya mengikuti program permagangan di Petani Peternak Ayam Petelur selama 1 tahun di Jepang tahun 2010, Suherman memulai usaha beternak ayam petelur.

Usaha peternakannya berkembang pesat dengan nama “Karya Ikamaja Farm” dan memperluas bisnisnya di budidaya padi dan ikan Lele. Untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat, Suherman memberdayakan petani muda peternak lain disekitarnya.

Sejalan dengan usahataninya yang semakin berkembang, dan semakin banyak petani muda yang ingin belajar di tempat Suherman, mendorong Suherman untuk membentuk Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) "Karya IKAMAJA". Saat ini P4S Karya Ikamaja aktif menerima praktek kerja industri (Prakerin) Siswa SMK di wilayah Banten dalam bentuk kegiatan permagangan.

Para siswa dikenalkan dan diajarkan kemampuan untuk eksis dalam berusahatani, mengakses teknologi, modal, pasar dan manajemen sehingga nantinya menjadi petani muda mandiri yang inovatif, kreatif, mampu bersaing, berwawasan global dan profesional.

Untuk mendukung eksistensinya, Suherman mempunyai sertifikat kompetensi sebagai fasilitator ternak organik dan Pelaksana Budidaya Sayuran dari LSP Pertanian.

Saat ini Seherman aktif pada berbagai organisasi di Propinsi Banten, diantaranya menjadi wakil sekretaris KTNA Propinsi Banten, sekjen Asosiasi penangkar benih dan bibit Kabupaten Lebak, dan Ketua Bidang Peternakan KTNA kabupaten Lebak.

Suherman juga aktif sebagai tenaga pengajar dalam menyiapkan Calon Peserta Magang Jepang sebelum berangkat ke Jepang meliputi Fisik, Mental, Disiplin, Bahasa dan Budaya Jepang yang dilaksanakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian.

Bangga dengan capaian Suherman, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul mengapresiasi capaian para alumni Magang Jepang dan berharap IKAMAJA sebagai organisasi yang menaungi petani muda alumni Magang Jepang dapat terus mengawal para alumninya untuk tetap berkontribusi di sektor pertanian dan mendorong para alumni untuk membentuk P4S sehingga ilmu yang teknologi yang dipelajari di Jepang dapat bermanfaat bagi petani lain yang belum berkesempatan belajar ke Jepang. (bs)

Redaksi: redaksi[at]pilarpertanian.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]pilarpertanian.com
Baca Juga
Newsfeed
  • {{ idnTime(feeds.publishdate) }}
MOST POPULAR