Pilar Pertanian

Berita Pertanian Aktual

09 December 2016

Kuliner Bahari Yang Harus Anda Cicipi

Kuliner Bahari Yang Harus Anda Cicipi

Pilarpertanian - 1. Rujak Seafood

Rujak seafood berbeda dengan rujak biasa yang sudah banyak kita kenal. Sesuai namanya, rujak seafood ini dibuat oleh seorang juru masak sekaligus pemilik depot seafood di Malang, Jawa Timur. Menu ini mirip seafood plater. Dalam satu piring saji, ada beraneka seafood yang dimasak, seperti antaranya lobster, kepiting dan aneka macam kerang. Racikan bumbu dasar chinese food, tapi dimodifikasi hingga rasanya mirip dengan bumbu rujak khas masakan Jawa Timur.

2. Siput Gonggong

Gonggong (Strombus Turturella) adalah salah satu jenis siput laut yang terdapat di sekitar perairan Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Gonggong merupakan objek kuliner makanan khas Tanjungpinang. Siput gonggong sebagai makanan khas, sangat dicari-cari oleh para penikmat kuliner. Daging putih kenyal mirip cumi-cumi menjadi ciri khas siput ini dengan cita rasa yang fenomenal.

3. Spesial Landak Laut

Landak laut memiliki daging yang ada di bagian dalamnya, namun lebih tepatnya disebut GONAD (telur). Diolah diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng, namun akan lebih terasa nikmat apabila ditumis pedas manis. Dagingnya cukup kenyal dan lezat, tekstur dan rasanya tak jauh berbeda, bahkan lebih lezat dan lebih bergizi dari daging kerang. Jika anda berkunjung ke Pantai Ngobaran dan Nguyahan, jangan lupa icip- icip kuliner Landak Laut yang lezat ini.

4. Ikan Kuah dari Labuan Bajo

Ikan Kuah, Kuliner Sedap dari Labuan Bajo dikenal wisata bahari, dimana wisata kuliner Labuan Bajo yang mudah dicari adalah olahan hasil laut seperti ikan dan sebagainya. Salah satu olahan masakan yang bisa dirasakan adalah ikan kuah, untuk membuatnya bisa menggunakan jenis ikan apa saja asalkan ikan laut. “Masakan-masakan khas di Labuan Bajo umumnya menyangkut masakan ikan. Ikan kuah itu yang paling banyak jenisnya di Labuan .

5. Tumis Sotong Pedas

Tumis Sotong Pedas Enak- Sotong atau (cuttlefish) merupakan satu dari sekian banyak hasil laut yang memiliki banyak kandungan gizi dan mengandung sedikit lemak. Sotong sejenis cumi-cumi dan gurita. Hasil laut ini juga mempunyai rasa serta aroma yang sangat khas ketika sudah dimasak.

6. Asam Pedas Ikan Tongkol

Ikan Tongkol yang sarat gizi ini memang selalu menjadi menu favorit untuk menemani makan orang Indonesia. Tak terkecuali menu asal Minangkabau yang satu ini. Menu yang berkarakteristik gulai cair, memang agak berbeda dengan sejumlah masakan khas Sumatera Barat yang cenderung bergulai agak kental. Namun, bagi penikmat asam pades, menu ini pun sangat cocok bila dinikmati bersama keluarga besar.

7. Yutuk Goreng

Yutuk merupakan sejenis hewan laut yang mudah ditemukan di pesisir pantai Kebumen, terutama pantai Petanahan. Oleh warga sekitar, hewan bercangkang yang mirip undur-undur ini diolah menjadi bakwan ataupun rempeyek khas yang renyah dan gurih mirip udang. Makanya, jika mampir ke pantai Petanahan, jangan terlewat untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini.

8. Brokoli Lima Warna

Menu ini terdiri dari brokoli, wortel, paprika, rumput laut, dan lobak. Rasa dari jenis masakan sangat mantap dan mampu menyihir bagi para vegetarian. Olahan masakan ini tidak menggunakan bahan kimia maupun penguat rasa lainnya.

Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Terkait

  • No related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *