Update Penanganan dan Pengendalian PMK di Indonesia
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri Saat Memberikan Pernyataan pada Konferensi Pers Online tentang Update Perkembangan Penanganan PMK di Indonesia.

Update Penanganan dan Pengendalian PMK di Indonesia

Pilarpertanian - Kementerian Pertanian (Kementan) secara intensif melakukan berbagai upaya guna mengendalikan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia. Berbagai bentuk kebijakan dan aturan sebagai upaya penanganan dan pengendalian PMK di Indonesia telah dikeluarkan oleh Kementan.


‘‘Hal tersebut dilakukan guna menekankan kembali fokus Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terhadap 3 agenda rencana aksi penanganan PMK yakni agenda SOS, Temporary dan permanen,‘‘ ungkap Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri saat menyampaikan update penanganan dan penanggulangan PMK melalui akun resmi Youtube Kementan, Senin (13/6/2022).


Beberapa kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementan untuk mengendalikan penyebaran PMK antara lain pembentukan gugus tugas penanganan PMK, penataan lalu lintas hewan di daerah wabah penyakit PMK, melibatkan pemerintah daerah TNI/POLRI, Kejati, Kejari, serta jajarannya dalam penanganan PMK, membuat prosedur pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah PMK hingga meningkatkan kewaspadaan para petugas karantina terhadap penyebaran PMK.


Sementara itu, langkah konkrit juga sedang dan terus dilakukan oleh seluruh jajaran Kementan bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti mengatur pembatasan lalu lintas dan pasar ternak yang pada pelaksanaannya berkoordinasi dengan pemerintah daerah, TNI/POLRI dan instansi lainnya, serta pelatihan penanganan PMK kepada pejabat otoritas veteriner provinsi/kabupaten/kota hingga para tenaga kesehatan hewan, seperti dokter hewan, paramedis veteriner dan inseminator.



‘‘Kementan juga secara rutin mengirimkan logistik kesehatan berupa vitamin, antibiotik, antipiretik, desinfektan dan APD ke beberapa daerah yang terjangkit PMK, serta mendirikan posko gugus tugas dan crisis center nasional hingga provinsi dan kabupaten/kota,‘‘ jelasnya.


Selain itu, Pemerintah melakukan pengadaan vaksin sesuai dengan rekomendasi komisi obat hewan, sesuai dengan serotipe PMK yang saat ini sedang menjangkit Indonesia.


‘‘Pemerintah akan menyiapkan anggaran pengadaan total 3 juta dosis vaksin PMK. Saat ini tahap pertama vaksin telah tiba pada hari Minggu 12 Juni 2022 melalui Bandara Soetta. Selanjutnya akan tiba 800 ribu dosis dalam beberapa hari ke depan,“ jelas Kuntoro.


Menurutnya, vaksinasi perdana secara nasional direncanakan akan dimulai Kamis, 14 Juni 2022, sesuai dengan peta sebaran PMK. Pelaksanaan vaksinasi nantinya akan bekerja sama dengan posko – posko tanggap darurat di daerah.


‘‘Peruntukannya akan diprioritaskan untuk hewan sehat dan beresiko tinggi tertular, yang berada di sumber pembibitan ternak, peternakan sapi perah milik rakyat dan koperasi susu, serta peternakan sapi potong,‘‘ papar Kuntoro.


Kementan melalui Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) juga tengah mempersiapkan vaksin lokal yang diprediksi akan selesai akhir Agustus 2022 nanti.


Jelang perayaan Iduladha yang akan jatuh di awal Juli nanti, Kuntoro turut mengajak masyarakat untuk tidak panik atau khawatir terkait ketersediaan hewan kurban.


“Kami memastikan ketersediaan hewan kurban, baik sapi, kambing dan domba, dalam kondisi cukup. Hal ini mengacu pada jumlah kebutuhan hewan kurban tahun lalu yang mencapai 1,5 juta ekor,“ ujarnya.


Meskipun dalam kondisi wabah PMK, pemerintah berkeyakinan stok hewan kurban saat ini mampu memenuhi kebutuhan kurban pada Iduladha nanti.


“Kami menekankan bahwa PMK ini tidak berbahaya bagi kesehatan manusia dan fakta di lapangan menunjukkan bahwa PMK dapat disembuhkan,“ ungkap Kuntoro.


Berdasarkan aplikasi siagapmk.id yang bersumber dari Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (Isikhnas) dan dilengkapi dengan laporan dari pemerintah daerah terkait pekembangan PMK di Indonesia, PMK tercatat menyebar di 18 provinsi dan 180 kabupaten.


Berdasarkan data dari siagapmk.id per hari ini (13 Juni 2022, pukul 12.00 WIB.red) jumlah hewan sakit sebanyak 150.630 ekor, jumlah hewan yang sembuh sebanyak 39.887 ekor, jumlah hewan potong bersyarat sebanyak 893 ekor sementara jumlah hewan mati sebanyak 695 ekor,“ tuturnya.


Mengakhiri update penanganan dan penanggulangan PMK, Kuntoro menegaskan pemerintah berkomitmen penuh dalam pengendalian wabah PMK di Indonesia.


“Kami sampaikan bahwa pemerintah saat ini serius dan akan selalu hadir bersama peternak untuk dapat mengatasi PMK secara bersama – sama,“ pungkas Kuntoro.(ND)


Redaksi dan Informasi pemasangan iklan

Artikel Lainnya

Kementan Dukung Peningkatan Kapasitas Petani Subang Dalam Pengendalian Hama PBP

Kementan Dukung Peningkatan Kapasitas Petani Subang Dalam Pengendalian Hama PBP

Pilarpertanian – Serangan hama penggerek batang pada tanaman padi (PBP) pada musim tanam 2021/2022 dilaporkan mengalami kenaikan di wilayah Kabupaten Subang. Peningkatan serangan hama PBP terjadi di antara Maret sampai dengan April 2022. Lahan padi yang terserang dengan intensitas serangan yang tinggi dihadapkan dengan penurunan produksi. Merespon hal tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Subang memberikan perhatian […]

Mentan Pastikan Pasar Murah di TTIC Dilakukan Secara Rutin

Mentan Pastikan Pasar Murah di TTIC Dilakukan Secara Rutin

Pilarpertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan kegiatan pasar murah di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan setiap ada kenaikan harga bahan pokok. Terlebih menjelang perayaan hari besar seperti Idul Adha mendatang. “Sebenarnya apa yang kita lakukan ini adalah aktivitas rutin dalam menghadapi dinamika-dinamika harga pada kebutuhan […]

Mentan SYL di Sambangi Mendag Zulhas di Kantor Kementan, Bahas Pangan Hingga Perlindungan Petani

Mentan SYL di Sambangi Mendag Zulhas di Kantor Kementan, Bahas Pangan Hingga Perlindungan Petani

Pilarpertanian – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memastikan kolaborasi membangun pangan nasional dengan Kementerian Pertanian akan dilakukan secara intens. Menurutnya, Kemendag dan Kementan harus berada di garda depan dalam melakukan perlindungan terhadap petani dan pedagang kecil. “Tidak boleh ada gap (celah pemisah) antara Kementerian, Kami sudah biasa telpon-telpon, sudah beres,” ujar Zulhas, sapaan karib Zulkifli […]

Kementan Gelar Bawang Merah dan Cabai Murah Bantu Masyarakat

Kementan Gelar Bawang Merah dan Cabai Murah Bantu Masyarakat

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian mengadakan Gelar Bawang Merah dan Cabai Murah bertempat di Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta, mulai 19 – 25 Juni 2022. Gelaran ini dibuka langsung oleh Menteri Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang dilanjutkan dengan penyerahan simbolis hasil pertanian dari petani ke Mentan sekaligus pemberian benih tanaman dari […]

Lewat TTIC, Ditjen Hortikultura Gelar Pasar Murah Cabai dan Bawang Merah

Lewat TTIC, Ditjen Hortikultura Gelar Pasar Murah Cabai dan Bawang Merah

Pilarpertanian – Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) meresmikan pasar murah untuk komoditas bawang merah dan cabai di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (19/6). Pasar murah ini direncanakan akan berlangsung mulai 19 – 25 Juni 2022 ke depan. Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, gelaran pasar murah untuk kemoditas […]

Dukung Stabilitas Harga Cabai Rawit, Kementan Bagikan Benih Gratis Untuk Masyarakat

Dukung Stabilitas Harga Cabai Rawit, Kementan Bagikan Benih Gratis Untuk Masyarakat

Pilarpertanian – Dalam rangka mendukung kestabilan harga serta persediaan cabai dan bawang merah, Kementan pada hari Minggu 19 Juni 2022, menggelar Acara Gelar Cabai dan Bawang Merah Murah, yang bertempat di TTIC Jakarta Selatan. Selain menggelar kegiatan tersebut, Kementan juga membagikan benih cabai Rawit Merah gratis kepada masyarakat setempat. Masyarakat yang berbelanja cabai merah akan […]

Kementan Gelar Pasar Murah Bawang dan Cabai di TTIC Pasar Minggu

Kementan Gelar Pasar Murah Bawang dan Cabai di TTIC Pasar Minggu

Pilarpertanian – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pasar murah khusus bawang dan cabai di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan ini, pemerintah menyiapkan 15 ton bawang dan cabai yang dijual dengan harga Rp 32 ribu per kilogram dan aneka cabai dijual Rp 59 ribu per kilogram. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo […]

PPID Ditjen Hortikultura Berkomitmen Penuh Meningkatkan Pelayanan PPID

PPID Ditjen Hortikultura Berkomitmen Penuh Meningkatkan Pelayanan PPID

Pilarpertanian – Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto bersama Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Direktorat Jenderal Hortikultura menandatangani komitmen bersama keterbukaan informasi publik pada 17-18 Juni 2022. Penandatanganan ini disaksikan oleh Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian serta Komisi Informasi Pusat. Pada sambutannya, Prihasto menyampaikan bahwa saat ini dunia, termasuk Indonesia memasuki […]

450 Ekor Sapi BULS Sidrap Mendarat di Jakarta Penuhi Stok Qurban

450 Ekor Sapi BULS Sidrap Mendarat di Jakarta Penuhi Stok Qurban

Pilarpertanian – Sebanyak 450 ekor sapi yang terjamin bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu sore (19/6). Sapi ini merupakan milik PT Berdikari United Livestock (BULS) Sidrap, Sulawesi Selatan yang diberangkatkan melalui Pare-Pare untuk memenuhi kebutuhan hewan menjelang Idul Adha wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya. “Alhamdulillah pada sore hari ini […]